Erabaru.net. Dokter telah menyarankan agar orang tidak memasukkan siung bawang putih ke dalam lubang hidung mereka di tengah banyaknya video yang mempromosikan trik kesehatan yang tidak biasa di media sosial.

Peringatan itu muncul setelah seorang pengguna TikTok bernama Rozaline Katherine menjadi viral karena mencoba tips yang dikatakan dapat membantu membersihkan sinus.

Dalam klip tersebut, yang telah ditonton lebih dari 4,3 juta kali, pelatih pribadi berusia 29 tahun itu memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidungnya.

Setelah menunggu 10-15 menit, dia mengeluarkan bawang putih tersebut dari hidungnya, membuat Katherine tertegun saat ingus encer mengalir di wajahnya.

Berbicara kepada Mirror, pembuat konten dari Arizona, AS, ini mengatakan: “Saya tidak berpikir itu benar-benar akan berhasil, itulah sebabnya saya merekamnya hanya untuk sebagai lelucon …”

“Saya juga tidak mencium bau bawang putih setelah itu – saya pikir sinus saya keluar. Saya benar-benar terkejut dengan hasilnya.”

Video tersebut telah menerima ribuan komentar – dan sementara banyak yang menunda makan malam mereka karena trik tersebut, ada banyak orang yang ingin mencobanya sendiri.

“Saya akan segera kembali, saya mau harus mencobanya karena saya belum bernapas dengan baik selama dua minggu sekarang,” tulis seorang pengguna.

Sementara yang lain berkata: “Saya akan menyimpan video ini untuk pilek nanti.”

Namun, dokter telah memperingatkan bahwa upaya trik tersebut dapat memiliki konsekuensi yang tidak menyenangkan.

Neil Bhattacharyya, MD – dokter dan ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan di Mass Eye and Ear – mengatakan salah satu potensi bahaya adalah iritasi.

Dia mengatakan kepada Shape: “Jika Anda melakukan ini sering, tubuh akan mulai bereaksi terhadap minyak dan bahan kimia dalam bawang putih dan menyebabkan dermatitis kontak di hidung.”

Dermatitis kontak adalah ruam merah dan gatal yang disebabkan oleh kontak langsung dengan suatu zat atau reaksi alergi terhadapnya.

“Beberapa siung bawang putih benar-benar kuat, dan jika Anda mendapatkan cukup bahan kimia dan minyak ke dalam hidung Anda, itu pasti akan mengiritasinya,” tambahnya.

Selain kondisi kulit, selalu ada risiko saat Anda tidak akan bisa mengeluarkan siung bawah putih, seperti yang dijelaskan oleh Purvi Parikh, MD, ahli alergi dan imunologi dari Allergy & Asthma Network.

“Saya tidak akan memasukkan siung atau potongan bawang putih penuh ke dalam hidung Anda, karena bisa tersangkut dan memperburuk penyumbatan dan hidung akan tersumbat,” katanya.

Akhirnya, bagi mereka yang mengatakan bahwa trik bawang putih benar-benar dapat membersihkan sinus mereka, Bhattacharyya mengatakan bahwa itu sebenarnya hanya memberikan “rasa lega yang salah”.

“Bawang putih memiliki bau yang kuat dan, ketika mulai mengiritasi hidung, Anda pasti akan mengeluarkan lendir,” Bhattacharyya menambahkan.

“Anda mungkin merasa seperti, ‘Wow, ada sesuatu yang bergerak’ tetapi pada kenyataannya, Anda hanya bereaksi terhadap senyawa itu.”

Jadi mungkin jangan menempelkan siung bawang putih ke hidung Anda jika Anda merasa hidung Anda sedikit tersumbat. (lidya/yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular