Erabaru.net. Seorang wanita berusia 20 tahun dari Afrika Selatan telah melahirkan seorang bayi perempuan yang terlihat seperti wanita tua karena kondisi langka yang disebut progeria, kelainan genetik progresif yang menyebabkan anak-anak menua dengan cepat.

Progeria, juga dikenal sebagai sindrom progeria Hutchinson-Gilford (HGPS) disebabkan oleh mutasi (perubahan) pada gen lamin (LMNA).

Menurut kabar bahwa wanita itu melahirkan bayi perempuan di rumah di Libode, di Eastern Cape setelah ambulans yang dipanggil neneknya gagal muncul tepat waktu.

Setelah kelahirannya, bidan setempat termasuk nenek bayi memperhatikan bahwa dia menunjukkan tanda-tanda yang berbeda dari kebanyakan bayi. Dia memiliki tangan cacat dan kulitnya berkerut.

Tanda-tanda tersebut membuat bidan dan nenek dari anak tersebut khawatir dan mereka segera memindahkan bayi tersebut ke rumah sakit tempat dia saat ini bersama ibunya.

“Ketika dia melahirkan, kami memanggil ambulans tetapi itu butuh waktu lama untuk datang. Jadi dia melahirkan di sini di rumah. Tetapi pengirimannya menjadi rumit dan kami menyewa sebuah van untuk membawanya ke rumah sakit, ”kata nenek itu.

“Kami diberitahu di sana bahwa dia cacat. Saya memperhatikan selama kelahirannya dan menyadari ada sesuatu yang aneh dengannya. Dia tidak menangis dan dia bernapas melalui tulang rusuk.”

“Saya kaget karena itu aneh. Sekarang saya mendengar bahwa orang-orang mengatainya. Itu sangat menyakitkan. Jika saya punya cara, saya akan memasukkan mereka semua ke penjara, ” tambahnya.

Foto bayi tersebut telah beredar di media sosial dan beberapa pengguna menyamakannya dengan kera, menyebabkan kemarahan di antara mereka yang bersimpati padanya.

Direktur organisasi hak anak, Proyek Pengembangan Masyarakat Khula, Petros Majola, percaya masyarakat perlu dididik tentang kondisi ini.

“Masyarakat harus tahu bahwa ibu tidak meminta bayinya untuk terlahir seperti ini. Di dalam rahim wanita, tidak ada konstruksi atau pabrik yang membangun bayi. Orang-orang perlu menerima anak ini apa adanya,” kata Majola.(lidya/yn)

Sumber: kanyidaily

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular