Erabaru.net. Ketika orang melihat meteor melintas di langit, mereka mungkin akan membuka mata lebar-lebar untuk menatapnya, atau diam-diam bernazar dalam hati semoga saja saya ….. Mungkin hanya sedikit orang yang merasa khawatir akan kejatuhan benda langit itu, walau kemungkinan itu sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada mendapat hadiah lotere.

Tetapi sejarah mencatat bahwa ada juga orang yang kejatuhan meteorit. Berikut ini adalah satu-satunya kasus yang tercatat, yakni seorang wanita AS yang kejatuhan meteorit saat tidur di rumahnya.

Majalah AS ‘Smithsonian’ memberitakan bahwa pada 30 November 1954 sore hari, seorang wanita 34 tahun bernama Ann Hodges yang tinggal di Alabama, AS kejatuhan sebuah meteorit yang jatuh dan menembus langit-langit rumahnya saat sedang tidur di sofa ruang keluarganya.

Meteorit seberat sekitar 3,9 kg sebelum mental mengenai badannya, pertama kali menembus langit-langit rumahnya, lalu menimpa radio di atas meja. Kejadian ini membuat pinggul sebelah kirinya mengalami memar besar dan membangunkannya dari tidur.

Pada awalnya, Hodges dan ibunya tidak tahu apa yang sedang terjadi. Karena rumahnya dipenuhi debu, bahkan mereka mengira mungkin cerobong asapnya runtuh atau pemanas kecilnya rusak.

Setelah melihat bebatuan di lantai dan bekas luka di tubuh Ann Hodges, mereka baru sadar dan melapor ke polisi. Setelah itu Ann Hodges dikirim ke rumah sakit untuk perawatan. Masyarakat sekitar mulai menyebarkan berita ini dari mulut ke mulut, sehingga berita Hodges tertimpa meteorit menjadi heboh.

Pemilik rumah kemudian bersaing dengan Hodges untuk memiliki meteorit itu, sampai kasusnya dibawa ke pengadilan. Ann Hodges mengatakan : “Saya percaya itu merupakan pemberian Tuhan kepada saya. Bagaimanapun, meteorit itu mengenai tubuh saya !”

Setelah satu tahun proses pengadilan, Hodges mencapai kesepakatan dengan pemilik rumah dengan cara suaminya membayar 500 dollar kepada pemilik rumah (mungkin sebagai ganti rugi kerusakan rumah) dan dia boleh memiliki meteorit yang melukainya.

Tetapi rumah tersebut akhirnya disumbangkan kepada Museum Sejarah Alam Alabama (Alabama Museum of Natural History) lantaran tidak laku dijual.

Seberapa besar kemungkinan meteor jatuh mengenai seseorang ?

Michael Reynolds, seorang astronom dari Florida State College di Jacksonville mengatakan kepada reporter ‘National Geographic’ bahwa kasus yang menimpa Ann Hodges itu sangat jarang terjadi karena umumnya meteor jatuh ke laut atau tempat-tempat terpencil yang jarang ada manusianya.

Michael Reynolds mengatakan bahwa probabilitas seseorang kejatuhan meteorit lebih lebih kecil daripada orang tersambar petir, tertimpa badai atau tornado.

Lottoland, dealer lotere online pernah secara iseng menghitung probabilitas antara memenangkan hadiah lotere dengan terkena meteorit. Menurut data perusahaan, probabilitas kejatuhan meteor diperkirakan hanya 1/840.000.000.

‘National Geographic’ menunjukkan bahwa Ann Hodges adalah satu-satunya orang yang diketahui pernah kejatuhan meteorit. (sin/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular