Erabaru.net. Pemenang termuda dari salah satu kompetisi musik paling bergengsi di dunia tidak dapat mengklaim hadiahnya—bermain piano di Carnegie Hall—karena dia terlalu muda untuk divaksin

Brigitte Xie yang berusia 4 tahun baru mulai bermain piano setahun yang lalu saat lockdown, tetapi langsung menunjukkan bakat musiknya.

Keajaiban bertubuh mungil itu dapat membaca musik dan memainkan lagu Beethoven’s Sonatina di F Major dengan nada sempurna walau kakinya masih menjuntai jauh di atas pedal.

Dia memenangkan Kompetisi Musik Nasional Elite Desember lalu, dan kemudian pada bulan Maret tahun ini memenangkan tempat pertama di Kompetisi Internasional Protégé Amerika, yang memenangkannya undangan untuk tampil di tempat musik terkenal di dunia Carnegie Hall di New York City November ini di mana semua pemain diwajibkan untuk divaksinasi terhadap COVID-19.

Brigitte yang masih pra-sekolah terpaksa mengundurkan diri – tetapi akan diberi kesempatan lagi di konser mendatang pada tahun 2022.

Ibunya, Nicole Sun dari Ridgefield, Connecticut mengatakan: “Berkata jujur, dia tidak terlalu mengerti. Saya memberi tahu dia ‘ya sayang kamu memenangkan hadiah’ dan dia berkata ‘ok, bisakah kita pergi ke toko Disney sekarang?'”

“Saya katakan padanya ‘kamu akan tampil di depan banyak orang’ dan dia tampak bersemangat karena dia suka tampil.”

Seorang pianis sendiri, Nicole mengambil kesempatan untuk memperkenalkan piano kepada putrinya saat lockdown tahun lalu untuk menghiburnya.

Tetapi meskipun dia menunjukkan bakat yang luar biasa, ibunya tidak akan memaksakan hal tersebut padanya.

“Sebagai orangtua saya terbuka untuk segalanya, saya tidak mengatakan kepadanya bahwa dia harus menjadi seorang pianis. Apa pun yang dia inginkan itu tidak jadi masalah,” kata sang ibu.

Putrinya mulai bermain piano pada usia 3 tahun selama lockdown, dan ketika ibunya tidak bisa mengikuti memberikan pelajaran lagi, dia mencari tutor online, Felicia Feng Zhang. Musisi cilik itu “mengambil lebih banyak pelajaran dalam 6 bulan daripada kebanyakan pelajaran selama bertahun-tahun”.

Dia dengan cepat belajar bagaimana membaca lembaran musik dan membaca karya klasik, dan akhirnya mulai menghadiri pelajaran langsung dengan Felicia di Greenwich, Connecticut, yang menyarankannya untuk mengikuti kompetisi.

Ibunya tidak tahu, pada usia muda ini, bahwa Brigitte dapat mengikuti instruksi dan memainkan piano tersebut

“Sebelum media mendekati saya, saya pikir dia hanya salah satu siswa normal,” ujarnya.

Brigitte lulus ujian Royal College of Music Level 1 sebelum ulang tahunnya yang ke-4 di bulan Mei dengan nilai kelas satu 86.

Dia berlatih hanya 45 menit sehari, dan memiliki satu setengah jam pelajaran seminggu, tetapi baik Nicole atau ayahnya, Tao Xie, perlu mengomelinya, karena dia biasanya berlatih lebih dari itu.

Anak kecil yang bergemerincing itu ingin menampilkan Mozart ketika dia akhirnya naik ke atas panggung— dan, seandainya dia bisa tampil tahun ini, dia akan berpotensi menjadi yang termuda yang pernah bermain di Carnegie Hall. (lidya/yn)

Sumber: goodnewsnetwork

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular