Erabaru.net. Sudah hampir 20 tahun sejak gajah bernama Sunyei ini ditemukan terdampar dan sendirian di alam liar di Afrika. Dia baru lahir pada saat itu, sayangnya dia adalah yatim piatu setelah terpisah dari ibunya.

Tapi untungnya, Sunyei tidak menjalani hidup tanpa cinta dan perhatian induknya untuk waktu yang lama.

Sunyei diselamatkan dengan bantuan Sheldrick Wildlife Trust di Kenya. Di sanalah dia pertama kali bertemu Benjamin, kepala penjaga di pembibitan perwalian, yang mengisi peran ibu bagi gajah yatim piatu seperti dia.

“Dia mengatur perawatan dan kesejahteraan anak yatim sehari-hari, yang pada akhirnya memastikan mereka selalu bahagia dan sehat,” Rob Brandford, direktur eksekutif Sheldrick Wildlife Trust, mengatakan kepada The Dodo.

Di bawah asuhan Benjamin, Sunyei tumbuh bahagia dan sehat, belajar darinya dan penjaga lainnya seluk beluk untuk menjadi gajah sejati.

Pada tahun 2009, Sunyei meninggalkan pengasuhnya untuk menjalani hidup sendiri. Namun meski hidup bebas, Benjamin tidak pernah meninggalkan hati Sunyei.

“Meskipun mungkin sudah lebih dari satu dekade sejak Sunyei memilih untuk kembali ke alam liar, tampaknya dia tidak pernah melupakan kebaikan yang ditunjukkan kepadanya,” kata Brandford.

Pernyataan itu sangat jelas ketika Sunyei memutuskan untuk keluar dari alam liar untuk mengunjungi Benjamin — membawa serta bayinya sendiri untuk bertemu dengan pria yang membesarkannya.

“Seekor gajah yang tumbuh dewasa dan hidup di alam liar memiliki keinginan untuk memperkenalkan bayi barunya pada pagi yang sama kepada keluarga manusia yang membesarkannya, itu menjelaskan banyak tentang kecerdasan mereka dan rasa kekeluargaan mereka: Kami tidak dapat memikirkan alasan lain selain dia kembali ke tempat yang aman untuk memamerkan bayi barunya kepada penjaganya, yang dengannya dia masih menjalin ikatan erat!” kata Brandford.

Ini bukan kunjungan pertama Sunyei, dan bukan yang terakhir baginya. Sejak reuni di atas, dia telah kembali untuk mengunjungi Benjamin dan penjaga lainnya beberapa kali lagi — memberikan kesempatan kepada orangtua angkatnya untuk melihat bayinya tumbuh dewasa.

“Meskipun Sunyei tumbuh besar dengan menyebut Benjamin dan penjaga kami sebagai keluarganya, meskipun demikian, interaksi apa pun yang dinikmati para penjaganya dengannya selalu sesuai dengan keinginannya,” kata Bradford. “Itulah yang membuat momen ini begitu istimewa … sehingga dia memilih untuk berbagi momen ini dengan Benjamin dan mempercayainya untuk melakukannya.” (lidya/yn)

Sumber: The Dodo

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular