Erabaru.net. Yakin setiap orang pasti pernah tinggal di tempat penginapan seperti hotel, losmen, rumah tamu maupun kamar rumah keluarga yang disewakan karena punya urusan bisnis atau perjalanan tamasya bersama keluarga. Jika kita khawatir ada kamera tersembunyi (hidden camera) dalam ruang yang kita sewa,kita dapat mengikuti cara yang disarankan oleh pakar keamanan Marcus Hutchins untuk mendeteksi apakah dalam ruang terdapat perangkat tersembunyi itu.

Marcus Hutchins dulunya adalah seorang peretas, dan sekarang menggunakan video pendek untuk memberitahu orang-orang tentang pentingnya keamanan siber.

Dalam film pendek yang dipublikasikan baru-baru ini, ia menunjukkan kepada kita kira-kira di mana kamera tersembunyi akan dipasang dalam kamar hotel dan bagaimana cara menemukannya.

Film pendek ini menggunakan kamar-kamar yang disediakan oleh Airbnb sebagai contoh, tetapi cara Hutchins juga dapat diterapkan pada kamar-kamar di hotel lain. Airbnb adalah perusahaan Amerika yang mengoperasikan pasar akomodasi online, dan orang dapat memesan kamar melalui situs web perusahaan.

Hutchins menyatakan dalam film pendek itu bahwa hal pertama yang harus dilihat adalah di mana kamera tersembunyi kemungkinan dipasang. Ambil contoh jam weker yang berada tepat di atas tempat tidur, yang memang mudah untuk dipasangi kamera mini.

Marcus Hutchins mengatakan bahwa menerangi jam weker dengan cahaya terang, seperti flash ponsel, senter, ketika cahaya terang tersebut mengenai lensa kamera tersembunyi, ia akan memantulkan cahaya biru muda. Ini berarti bahwa kamera mini terpasang di dalamnya.

Hutchins mengatakan : “Jam weker itu bisa memantulkan, tetapi jika kita menyinarinya dengan cahaya terang, maka kita dapat melihat melalui kaca dan melihat ada kamera tersembunyi di dalamnya. Gunakan cara ini untuk mendeteksi cermin dua arah.”

Ia menyebutkan bahwa kamera mini juga bisa disembunyikan di pengisi daya USB, detektor asap di langit-langit ruangan, atau bahkan lubang kecil di dinding.

Dia menekankan lagi bahwa selama kita menyinari lokasi-lokasi yang diduga ada kamera tersembunyi dengan menggunakan cahaya terang, seharusnya tidak sulit untuk menemukannya.

Hutchins mengimbau setiap tamu hotel untuk memperhatikan keberadaan kamera night vision saat berada di dalam kamar, karena kamera ini mampu merekam gambar dalam kegelapan.

Ia menambahkan bahwa jika kita menggunakan kamera depan ponsel (yang dapat digunakan untuk selfie dan melakukan panggilan video), kita dapat melihat lampu LED dari kamera night vision untuk menemukannya. Tetapi jika kamera belakang ponsel kita memiliki filter inframerah. Itu tidak dapat digunakan untuk menemukannya. (sin/yn)

Sumber: Epochtimes

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular