Erabaru.net. Ketika para aktivis hak-hak binatang dipanggil ke Kota Laurens di negara bagian Carolina Selatan, AS, hati mereka menangis ketika mereka melihat keadaan darurat yang ada di depan mata kepala mereka. Anjing Bullmastiff “Champ” yang berusia 16 bulan dirantai di taman milik pemiliknya. Tapi itu bukan yang terburuk!

Anjing malang itu penuh dengan belatung dan sangat kurus sehingga dia bahkan tidak bisa lagi bangun sendiri. Bahkan bagi aktivis hak-hak binatang yang berpengalaman sendiri, pemandangan mengerikan itu sangat tak tertahankan. Polisi setempat segera dipanggil. Perjuangan panjang untuk kehidupan anak anjing pun segera dimulai.

Bullmastiff, salah satu mastiff hebat, dapat memiliki berat badan hingga 60 kg yang mengesankan saat dewasa. Champ, di sisi lain, memiliki berat tidak lebih dari 20 kg. Sesampainya di klinik hewan, berbulu yang setengah kelaparan itu langsung membutuhkan beberapa kali transfusi darah.

Sementara itu, polisi sedang menyelidiki pemilik Champs, Elizabeth James, atas kekejaman yang ia lakukan terhadap hewan tersebut.

Dia memberikan penjelasan atas perilakunya yang terdengar sangat keterlaluan: dia membiarkan anjing itu kelaparan dan kehausan karena itu adalah hewan milik mantan pacarnya yang telah meninggalkan wanita muda itu dan menyerahkan Champ ke dalam perawatannya. Sebagai pembalasan terhadap pria itu, dia terus merawat kedua anjingnya sendiri, tetapi dia dengan sengaja mengabaikan Champ.

Elizabeth James ditangkap di tempat tetapi dibebaskan dengan jaminan 15.000 dollar (Rp 213 Juta).

Komisaris Polisi Laurens County Chris Martin mengecam keras kekejaman Elizabeth James. Dalam sebuah wawancara dia mengatakan:

“Dia sengaja membuat anjing itu kelaparan dan melihat kondisinya memburuk setiap hari. Dia bisa masuk kapan saja dan memberi tahu tempat penampungan. Dia bisa memasang iklan di internet untuk menjualnya sehingga anjing tersebut bisa menemukan rumah baru. Sebaliknya, dia membuat keputusan sadar untuk menentangnya.”

Sementara kesehatan Champ sudah membaik, meski masih ada risiko organnya rusak berat badannya telah bertambah beberapa kilogram dan sekarang dia menerima unit fisioterapi harian agar dapat perlahan-lahan membangun jaringan ototnya lagi.

Karena kekurangan makanan, tubuh anjing muda berusia 16 bulan menyerap nutrisi dengan memakan dirinya sendiri, yang mengakibatkan apa yang dikenal sebagai atrofi otot, yang sekarang harus dipulihkan.

Melalui halaman Facebook “Justice for Champ” sumbangan dikumpulkan untuk perawatan medis untuk anjing yang dilecehkan ini. Di sana semua orang dapat mengetahui tentang kondisi terkini dari teman berbulu yang malang itu. (lidya/yn)

Sumber: stimmung

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular