Eva Fu

Duta Besar baru Jerman untuk Tiongkok, yang sebelumnya adalah seorang penasihat senior untuk Kanselir Angela Merkel,  meninggal dunia, kurang dari dua minggu setelah menjabat sebagai Duta Besar Jerman untuk Tiongkok, sebagaimana disampaikan  pemerintah Jerman pada  6 September.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengumumkan “kematian mendadak” Jan Hecker, 54 tahun, dalam sebuah pernyataan singkat pada tanggal 6 September dini hari. Kementerian Luar Negeri Jerman tidak memberikan rincian-rincian kapan atau di mana Jan Hecker meninggal atau penyebab kematiannya.

“Tidak ada indikasi bahwa kematian Jan Hecker terkait dengan fungsi politik Duta Besar yang dijabatnya,” kata Andrea Sasse, juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman kepada para wartawan, dan ia menolak untuk menjelaskan lebih lanjut.

Peran Jan Hecker sebelumnya mencakup menjabat sebagai seorang mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Jerman, seorang hakim di Pengadilan Administratif Federal Jerman, dan koordinator kebijakan pengungsi untuk Kanselir Jerman. Jan Hecker pernah menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri Angela Merkel–—sebuah posisi yang berpengaruh, tetapi tidak menonjolkan diri–—sejak tahun 2017, sebelum menjabat sebagai duta besar.

Angela Merkel mengatakan kematian Jan Hecker “sangat mengejutkan saya.”

“Saya berduka atas seorang penasihat lama yang terhormat dengan kemanusiaan yang mendalam dan keahlian yang luar biasa,” kata Angela Merkel melalui sebuah pernyataan yang dirilis oleh juru bicara Steffen Seibert, yang menyatakan bahwa Angela Merkel “penuh rasa terima kasih” untuk kerjasama antaara Angela Merkel dan Jan Hecker selama bertahun-tahun.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan juga mengaku terkejut dengan kematian Jan Hecker.

“Jan Hecker adalah seorang negarawan yang hebat serta seorang teman dan mitra yang baik untuk Amerika Serikat. Ia akan sangat dirindukan,” tulis Jake Sullivan di Twitter pada  6 September.

Bendera Jerman dan bendera Uni Eropa berkibar setengah tiang pada  6 September di Kedutaan Besar Jerman di Beijing.

Jan Hecker tiba di Tiongkok pada tanggal 1 Agustus sebagai utusan ke-14 unuk Tiongkok dan menyerahkan surat-surat kepercayaannya kepada Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada  24 Agustus, menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Pada saat itu, Jan Hecker mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk “berkontribusi pada perkembangan hubungan Jerman-Tiongkok yang stabil selama jangka panjang” dan untuk “memperkuat dialog dan kerjasama” antara kedua negara, menurut sebuah pernyataan yang dikutip secara luas oleh media Tiongkok.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengungkapkan belasungkawa atas meninggalnya Jan Hecker dan mengatakan Beijing akan memberikan bantuan kepada keluarganya dan kepada Kedutaan Besar Jerman.

Jan Hecker “telah bekerja secara aktif untuk mempromosikan hubungan-hubungan Tiongkok-Jerman sejak menjabat sebagai Duta Besar,” kata Wang Wenbin pada konferensi pers  6 September di Beijing.

Jan Hecker tampak “bahagia dan baik-baik saja” menurut seorang tamu pada  tanggal 3 September malam ketika Jan Hecker menjadi tuan rumah sebuah acara budaya di rumahnya di Beijing.

Frank Rückert, wakil Jan Hecker, akan menjalankan tugas-tugas Jan Hecker, menurut penyiaran m negara Jerman, Deutsche Welle. (Vv)

Share

Video Popular