Erabaru.net. Saat Anda bepergian dengan menumpang pesawat komersial, Anda pasti mengetahui bahwa penumpang pesawat dilarang merokok dalam penerbangan. Tetapi Anda mungkin menemukan ada asbak di pintu toilet pesawat. Bingung untuk apa asbak itu ?

Hal yang membuat sebagian orang bingung inilah yang digunakan oleh seorang pramugari maskapai penerbangan Kanada bernama Kaylee sebagai sayembara. Apakah Anda tahu jawabannya ?

Menurut media Inggris ‘Daily Star’, bahwa Kaylee baru-baru ini membuat sebuah video pendek tentang pintu toilet yang ada asbaknya dari pesawat penumpang Boeing 737.

Meskipun sebagian besar perusahaan penerbangan di dunia, terutama maskapai penerbangan Amerika Serikat dan Eropa yang mulai tahun 1997 melarang penumpang merokok di dalam pesawat khususnya selama penerbangan. Tetapi di pesawat modern, kita masih dapat melihat asbak di toilet, seperti dalam video pendek yang dibuat Kaylee.

Dari video pendek ini terlihat tidak ada tanda atau tulisan baik dalam bahasa Inggris atau Perancis di pintu toilet pesawat yang melarang orang merokok (Catatan : Bahasa Inggris dan Perancis sama-sama bahasa resmi Kanada), bahkan terdapat asbak yang bisa ditarik dengan jari tangan.

 

Kaylee bertanya dalam video pendek itu : “Apakah Anda memperhatikan bahwa bahkan pesawat baru pun memiliki asbak ? Tahukah Anda mengapa ?”

Video pendek ini pun menjadi perbincangan di kalangan warganet. Ada yang berpikir bahwa itu mungkin karena ada saja penumpang yang “susah diatur”.

Juga ada yang berpendapat bahwa undang-undang menetapkan pesawat penumpang wajib menyediakan tempat yang aman bagi awak pesawat untuk memadamkan rokok ilegal (rokok yang sedang dihisap orang yang “susah diatur”).

Warganet lain menyebutkan bahwa lebih aman menggunakan asbak daripada dibuang ke tempat sampat yang mudah menimbulkan kebakaran.

Kaylee mengatakan bahwa jawaban itu semua benar. Ia juga menyebutkan bahwa jika pesawat tidak memiliki asbak, maka tidak akan diizinkan untuk lepas landas.

Majalah ‘Forbes’ AS melaporkan bahwa untuk mencegah penumpang pesawat merokok di dalam toilet pesawat, Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) mengharuskan asbak dipasang di pesawat terbang.

Jika penumpang melanggar larangan merokok, lebih aman bagi mereka untuk meletakkan puntung rokok yang masih menyala di asbak daripada membiarkan mereka membuangnya ke dalam tempat sampah yang berisiko menimbulkan kebakaran.

Menurut peraturan FAA, asbak adalah perlengkapan minimum pesawat, jika asbak pesawat tidak dapat digunakan secara normal, maka harus diganti paling lambat dalam waktu 3 hari.

Pada tahun 2009, sebuah pesawat British Airways ditunda lepas landas karena asbak dalam pesawat tidak bisa digunakan secara normal.(sin/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular