Erabaru.net. Seekor anjing berkata guk, seekor sapi melenguh, dan seekor bebek… mengataimu dengan perkataan orang pada zaman 1970-an?

Itu benar – tidak semua bebek mau mengekwek.

Para ilmuwan telah merekam contoh pertama yang diketahui dari seekor bebek yang telah belajar meniru ucapan manusia di Australia – disebut Ripper – memberitahu mereka: “You bloody fool / Dasar bodoh.”

Itu terdengar seperti lelucon, kita tahu, tetapi itu telah didokumentasikan dalam jurnal resmi dan direkam dalam kaset.

Ripper adalah vokalis yang hebat, karena dia juga telah belajar bagaimana menirukan suara dari menutup pintu.

Diperkirakan dia mempelajari semua ini dari seorang pria yang merawatnya, dengan cara yang mirip dengan bagaimana burung beo belajar berbicara.

Bebek kesturi itu dipelihara yang berasal dari telur yang ditemukan di Cagar Alam Tidbinbilla dekat ibu kota Canberra pada tahun 1983.

Dia tercatat telah melakukan trik yang tidak biasa pada tahun 1987, tetapi penelitian tentang itu sekarang telah disahkan dan diterbitkan dalam edisi khusus jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society of London B.

“Suara-suara ini telah dijelaskan sebelumnya, tetapi tidak pernah dianalisis secara detail dan sejauh ini tidak diperhatikan oleh para peneliti pembelajaran vokal,” kata para penulis.

Sebelumnya, burung beo dan kolibri adalah satu-satunya burung yang dianggap menunjukkan kemampuan ini, meskipun beberapa mamalia seperti paus, lumba-lumba, anjing laut, kelelawar, dan gajah dapat meniru suara.

Para peneliti mengatakan mereka juga telah mempelajari bahwa bebek kesturi lain yang dapat meniru adalah bebek hitam Pasifik – suatu prestasi yang diakui mengejutkan manusia

Penulis penelitian mengatakan mereka tertarik pada bagaimana spesies lain dapat belajar berkomunikasi dari orang lain, daripada hanya membuat suara secara naluriah, karena dapat ‘memberikan peluang penting untuk studi komparatif tentang mekanisme, fungsi, dan evolusi pembelajaran vokal, yang juga dapat menjelaskan mekanisme dan evolusi pembelajaran vokal dalam spesies kita sendiri’.

Mereka menyerukan penelitian yang lebih luas tentang seberapa pintar bebek dapat meniru suara, karena rekaman saat ini semuanya dari satu orang, PJ Fullagar.

Dia merekam perkataan bebek menggunakan perekam kaset Sony Walkman dan mikrofon pada Juli 1987. 13 tahun kemudian, ia merekam bebek lain meniru jenis yang berbeda.

Penulis penelitian mengatakan mereka ingin penelitian lebih lanjut tentang berapa umur bebek ketika mereka belajar membuat suara.

“Tidak diketahui pada usia berapa Ripper dipindahkan ke kolam luar tetapi kemungkinan besar dia mungkin sudah mendengar suara pintu setelah lebih dari beberapa minggu, adalah usia yang masih awal,” kata mereka.

“Oleh karena itu, setidaknya beberapa suara yang ditiru oleh Ripper diperoleh pada usia dini, tetapi diproduksi saat dewasa, menunjukkan penghafalan awal model vokal.”

Jadi, jika Anda mendengar seekor burung memaki Anda saat Anda turun ke kolam bebek, ingatlah bahwa Anda mungkin tidak benar-benar bermimpi. (lidya/yn)

Sumber: Metro

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular