Erabaru.net. Gempa Besar Kanto di Jepang terjadi 98 tahun yang lalu, dan itu adalah bencana alam paling mematikan dalam sejarah negara itu. Arsip Film Nasional Jepang baru-baru ini merilis sebuah situs web baru yang disediakan bagi setiap generasi untuk memahami Jepang melalui melihat kembali film-film dokumenter yang merekam bencana alam yang pernah melanda.

Hari Sabtu, 1 September 1923 pukul 11:58 waktu setempat gempa bumi berkekuatan 7,9 SR terjadi di Tokyo dan Yokohama, Jepang. Gempa yang dikenal sebagai Gempa Besar Kanto dalam sejarah Jepang ini telah menyebabkan lebih dari 100.000 orang meninggal dunia dan menghancurkan 2 juta rumah. Selain itu gempa juga memberikan dampak besar kepada seluruh masyarakat Jepang. Jumlah korban tewas jauh melebihi gempa dan tsunami yang terjadi pada 11 Maret 2011.

Arsip Film Nasional Jepang pada 31 Agustus tahun ini secara terbuka merilis film dokumenter hitam-putih yang diberi judul “Gempa Besar Kanto 1923”. Dalam film berdurasi 64 menit ini tertera tulisan bahwa film dokumenter tersebut diproduksi dan diawasi oleh Monbusho Jepang.

Film dokumenter ini terdiri dari puluhan klip video, ini adalah film pertama yang diterbitkan oleh Arsip Film Nasional Jepang di situs web ini. Mereka berharap dapat merilis semua film koleksinya pada peringatan 1 abad Gempa Besar Kanto 2023.

Situs web ini menyediakan tiga cara bagi orang yang tertarik untuk melihat film ini, termasuk: berdasarkan lokasi, berdasarkan adegan, dan melihat keseluruhan film.

Menurut lokasinya, ada 10 lokasi pengambilan gambar ini, antara lain Chiyoda, Chuo, Minato, Bunkyo, Taito, Sumida, Koto, Shibuya, Yokohama, dan area lainnya.

Menurut kejadian di TKP, gambar-gambar ini menggambarkan 9 adegan antara lain kebakaran, evakuasi, penyelamatan dan seterusnya.

Selain menampilkan kekuatan penghancur dari gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang pada tahun 1923, melalui film dokumenter ini kita juga dapat melihat pakaian, arsitektur, transportasi dan kehidupan masyarakat Jepang ketika itu. Serta jiwa gotong royong saling membantu di saat krisis. Hal ini dapat dikatakan sebagai sumber informasi penting bagi mereka yang studi dan menghargai nilai-nilai sejarah.

Jika Anda berminat untuk menonton kebakaran yang terjadi akibat gempa besar Kanto 1923, tonton video dibawah ini. (sin/yn)

Sumber: epochtimes

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular