Erabaru.net. Orang biasanya akan mengatakan bahwa ketika berwisata ke luar negeri dan ingin mengetahui kebiasaan hidup penduduk lokal dan apa saja karakteristik dari makanan atau minuman setempat, maka cara termudah adalah mengunjungi pasar tradisional, karena di sana kita bisa menjumpai berbagai macam bahan kebutuhan sehari-hari mereka.

Secara umum, pasar tradisional di sebagian besar negara memiliki berbagai macam bahan kebutuhan sehari-hari. Meskipun ada saja pasar dalam kondisi ekstrim yang memiliki perbedaan.

Misalnya, Kota Yakutsk, kota ekstrem terdingin di dunia yang suhu terendahnya bisa mencapai minus 64 derajat ini, apa saja sayuran yang dijual di pasar di sana ?

 

Kota Yakutsk adalah kota es yang terkenal di Rusia. Faktor geografis yang menyebabkan kota itu bersuhu sangat rendah, bahkan terendah bisa mencapai minus 64 derajat. Di lingkungan seperti itu, aktivitas normal orang sangat sulit, dan bahkan uap yang keluar dari mulut dapat dengan cepat berubah menjadi es, sehingga bertahan hidup dan beraktivitas di luar rumah adalah sebuah tantangan besar.

Meski begitu, Kota Yakutsk masih dihuni oleh hampir 300.000 orang. Mereka juga perlu pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan.

Ketika Anda berjalan-jalan di sekitar pasar, Anda akan terkejut karena menemukan bahan-bahan di sana nyaris tidak punya pilihan alias monoton. Banyak pedagang yang hanya menjual satu jenis bahan makanan di lapaknya, dan itulah makanan khas setempat—ikan beku. Ikan beku adalah bahan yang sangat umum di Yakutsk, karena iklim setempat yang dingin.

Di kota beku seperti Yakutsk, menangkap ikan adalah pekerjaan mudah dan umum, sehingga ikan juga menjadi makanan utama sebagian besar keluarga di kota tersebut. Namun, untuk menanam sayuran atau buah-buahan di sana adalah tidak mungkin, jadi orang yang ingin makan buah-buahan hanya bisa mengimpornya.

Harga sayuran dan buah-buahan yang dikirim dari tempat lain umumnya sangat tinggi, dan kebanyakan penduduk setempat enggan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membelinya.

Meskipun kebanyakan yang dijual di pasar ikan beku, ikan ini sangat higienis. Karena cuaca dingin membuat ikan membeku, bakteri dan parasit juga mati membeku.

Kita pun bisa langsung memakan ikan kering seperti menikmati es loli. Banyak turis dari tempat lain pergi ke pasar di sini, dan ketika mereka melihat rak-rak dalam kios yang semuanya dipenuhi oleh ikan-ikan, mereka seringkali menjadi gelisah.

Jadi, apakah orang-orang di Kota Yakutsk hanya makan ikan selama musim dingin ? Bukankah cuma makan ikan akan menimbulkan tidak seimbangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh ? Pantas para turis merasa kecewa.

Padahal tidak demikian sesungguhnya, masyarakat di sana juga bisa menggunakan daging rusa atau susu untuk melengkapi nutrisi yang mereka butuhkan.(sin/yn)

Sumber: aboluowang

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular