Erabaru.net. Sekelompok pelaut Italia terkejut dan bingung setelah mereka menemukan ikan yang terlihat seperti persilangan aneh antara babi dan hiu.

Tentu saja, ada penjelasan logis untuk semua ini, tetapi Anda dapat melihat bagaimana mereka mungkin sedikit takut dengan “perselingkuhan” yang dilakukan ikan tersebut.

Makhluk yang tidak biasa itu terlihat mengambang di atas air oleh awak kapal angkatan laut yang berlabuh di Darsena Medicea, yang terletak di Kota Portoferraio di pulau Elba, Italia.

Mereka dengan cepat bergerak untuk mengeluarkan makhluk aneh itu dari air, dan menemukan bahwa makhluk itu tampak seperti memiliki tubuh hiu, tetapi berwajah babi.

Serius, lihatlah. Itu benar-benar terlihat seperti itu, bukan?

Setelah diperiksa lebih dekat oleh orang-orang yang benar-benar tahu apa yang mereka bicarakan, ternyata hewan itu sebenarnya adalah hiu angular – Oxynotus centrina, bagi mereka yang tahu – yang biasanya berdiam sekitar 700 meter di bawah air.

Keanehan laut dalam juga kadang-kadang dikenal – untuk alasan yang jelas – sebagai hiu berwajah babi.

Meskipun hidup jauh di bawah laut, hiu angular saat ini terdaftar sebagai terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

 

Namun, meskipun terancam punah, penduduk setempat mengatakan bahwa dia kadang-kadang diketahui muncul ke permukaan.

Terlepas dari semua keseruan penempuan yang terjadi tiga minggu lalu pada 19 Agustus, penemuan aneh itu menjadi viral setelah gambar hiu itu dibagikan di media sosial.

Ratusan komentar membanjir, termasuk banyak orang yang secara keliru mengkritik para pelaut karena diduga menangkap dan membunuh hiu yang terancam punah dengan sengaja.

Setelah dikeluarkan dari air, mereka langsung membawanya ke kantor pelabuhan, tempat itu dipelajari dan akhirnya dibuang.

Yuri Tiberto, dari Elba Aquarium, mengatakan bahwa meski langka, bukan hal yang aneh jika hiu angular terlihat di daerah tersebut.

Dia menjelaskan: “Ini biasa disebut ‘ikan babi’ karena ketika keluar dari air, mereka mengeluarkan semacam gerutuan.”

“Di laut kepulauan Tuscan, sangat kaya akan keanekaragaman hayati… tidak jarang menemukan ikan ini, dan saya dapat dengan aman mengatakan bahwa saya sering menerima laporan yang memberi tahu saya tentang ‘ikan babi’ yang berakhir di jaring ikan lokal. .”

“Saya juga mencoba untuk beberapa jangka waktu untuk menyimpannya di salah satu tangki di akuarium, tetapi saya segera melepaskannya karena saya melihat bahwa itu adalah spesies yang tidak beradaptasi dengan penangkaran.”

Hiu angular diketahui menghuni Samudra Atlantik timur dan Laut Mediterania.(lidya/yn)

Sumber: ladbible

Video Rekomendasi:

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular