Erabaru.net. Minamidaitojima adalah pulau kecil milik Jepang yang terletak di tenggara Laut Philipina. Karena pulau ini tidak memiliki pantai dan pelabuhan sehingga kapal tidak dapat merapat, sehingga wisatawan yang berkunjung ke pulau itu perlu bergantung pada mesin derek (craine) untuk naik dan turun kapal, dan ini telah menjadi ciri khas dari pulau tersebut.

Kepulauan Daito adalah sekelompok pulau di kepulauan Okinawa Jepang, yang termasuk juga Minamidaitojima, Kitadaitojima dan Okidaitojima. Saat ini hanya Minamidaitojima dan Kitadaitojima yang berpenduduk.

Minamidaitojima adalah pulau karang yang sekeliling pulaunya lebih tinggi daripada bagian tengahnya. Pulau karang tersebut tidak memiliki pantai, juga tidak ada pelabuhan. Karena perairan di sekeliling sana banyak terdapat terumbu karang, sehingga kapal-kapal hanya bisa ditambatkan di perairan dengan jarak sekitar 4 sampai 6 meter dari pulau.

Agar wisatawan yang berkunjung bisa naik dan turun kapal, dalam beberapa dekade terakhir, Minamidaitojima telah menggunakan mesin derek yang bisa bergerak untuk keperluan tersebut. Dibandingkan dengan menghabiskan banyak uang untuk membangun dermaga, metode ini selain paling hemat biaya, juga aman dan cepat.

Ketika wisatawan hendak turun dari kapal untuk naik ke pulau atau ingin kembali ke kapal dari pulau, mereka terlebih dahulu harus masuk ke dalam kurungan yang mirip kabin lift. Dengan bantuan staf, kabin tersebut diangkat ke atas dek kapal atau ke pulau dengan menggunakan craine. Seluruh prosesnya yang terus bergoyang layaknya mengingatkan orang pada saat naik wahana di taman hiburan, membuat hati senang sekaligus jantung deg-degan.

Seorang wisatawan yang baru berkunjung ke Minamidaitojima memberitahu media online Jepang ‘J-Town’, bahwa dirinya terkejut bahwa kecepatan gerak dari craine itu ternyata lebih cepat dari yang dia perkirakan sebelumnya, sehingga perasaan senangnya lebih kuat daripada rasa takut. Tetapi tidak menutup kemungkinan kalau orang yang takut ketinggian mungkin akan merasa ngeri.

Daito Shipping Co., Ltd. yang mengoperasikan crane menyebutkan bahwa perusahaan memiliki dua tipe kabin yang digunakan untuk menaik-turunkan penumpang kapal. Satu tipe tanpa atap yang cocok untuk dioperasikan dalam cuaca baik, yang lain benar-benar tertutup rapat yang cocok untuk dioperasikan pada saat cuaca hujan atau berbadai.

Bagi penumpang yang takut naik kabin yang diangkat tinggi oleh craine ada pula pilihan lain untuk melakukan perjalanan dari dan ke Minamidaitojima, yaitu dengan menumpang pesawat kecil. Di pulau ada sebuah bandara, tetapi frekuensi penerbangannya hanya sedikit, biasanya hanya satu atau dua penerbangan dalam seminggu.

Dari video pendek yang diambil oleh netizen dapat kita lihat bahwa Kitadaitojima juga mengoperasikan mobile craine untuk menaik-turunkan wisatawan yang berkunjung. Videonya di sini.(sin/yn)

Sumber: epochtimes

Share

Video Popular