Erabaru.net. Merenovasi rumah tua akan selalu memiliki kejutan tersendiri—tetapi terkadang penemuan itu adalah harta karun yang dapat mendanai keseluruhan proyek.

Tiga tukang batu yang bekerja di perkebunan berusia berabad-abad yang dibeli oleh pasangan pada tahun 2012 di Plozevet, Brittany, Perancis, menemukan sebuah kotak logam tersembunyi yang tertanam di dinding bangunan.

Mereka terkejut setelah menemukan bahwa kotak itu berisi koin emas langka, yang dicetak pada masa pemerintahan Raja Perancis Louis XIII dan Louis XIV.

François Mion yang berusia 63 tahun, yang memiliki rumah besar abad ke-13 bersama istrinya, memutuskan untuk mengubah gudang menjadi tempat tinggal. Ketika dia mendapat telepon dari mandornya, dia “mengira itu hanya lelucon”.

Beberapa hari kemudian, di atas beam, mereka menemukan sebuah tas berisi simpanan lain—yang menambah total 239 koin emas.

Harta yang tersembunyi itu sedang disiapkan untuk dilelang pada 29 September, kata Ivoire Auction House, yang memperkirakan mereka bernilai lebih dari 300.000 dollar (sekitar Rp 4,2 miliar)

Pasangan itu menyerahkan harta karun itu ke Layanan Arkeologi Pencegahan Regional untuk diautentikasi dan dianalisis. Mereka memastikan bahwa penghuni mansion terakhir yang diketahui berasal dari pertengahan abad ke-18, mungkin dimiliki oleh pemilik tanah kaya dan yang mungkin adalah seorang pedagang yang terlibat dalam pengangkutan anggur Bordeaux ke Inggris.

Hukum Perancis menyatakan bahwa hasil temuan akan dibagi 50-50 antara pemilik properti dan mereka yang menemukan koin itu—sehingga trio tukang batu kemungkinan akan mengangkat gelas untuk bersulang untuk keberuntungan mereka. (lidya/yn)

Sumber: goodnewsnetwork

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular