Erabaru.net. Selama proses pacaran, siapa yang harus membayar tagihan saat kencan, teman pria atau wanita ? Pertanyaan ini selalu menjadi isu yang membuat ‘rasa tidak nyaman’. Seorang kolumnis kencan Australia berpendapat bahwa prialah yang seharusnya membayarnya saat kencan pertama, jika tidak, mungkin saja akan menghadapi kesulitan untuk mengajak kencan berikutnya. Apa pendapat Anda tentang hal ini ?

Jana Hocking, seorang Kolumnis News Corp menulis sebagai berikut : “Sekitar 20 tahun yang lalu, pelayan di restoran akan secara ‘otomatis’ menaruh tagihan (bill) di depan meja dekat pria setelah keduanya usai menikmati hidangan. Tetapi kondisi sekarang adalah, baik pria maupun wanitanya berharap satu sama lain yang membayar tagihan.”

Meskipun secara tradisional pria yang membayar tagihan biaya kencang pertama untuk merebut hati wanita yang diharapkan menjadi pasangannya, tetapi sekarang malahan lebih populer dengan cara membayar sendiri sendiri (Dutch Pay). Jana Hocking menganjurkan anak-anak muda sekarang untuk kembali ke praktik tradisional.

Jana Hocking mengatakan bahwa pria membayar biaya untuk kencan pertama itu menunjukkan ia ‘sangat tanggung jawab’ dan ‘jantan’. Jana menghimbau semua pria muda melakukan hal ini.

Dalam artikelnya ia menyebutkan : “Jika seorang pria hanya membayar tagihan yang merupakan bagiannya, maka Anda langsung tahu bahwa besar kemungkinan kencan keduanya akan tidak berlanjut.”

Jana menjelaskan bahwa jika kedua belah pihak tidak tertarik untuk melanjutkan kencan di waktu mendatang, maka membayar sendiri-sendiri tagihan itu masih dapat diterima akal sehat. Tetapi jika yang pria tertarik kepada wanita idamannya ini, maka sebaiknya pria yang ‘cepat-cepat mengeluarkan dompet’, alias membayarnya.

Dia menyebutkan bahwa kencan pertama tidak harus menghabiskan banyak uang. Kenang Jana, bahwa dirinya pernah duduk di tikar piknik di taman dengan seorang pria dan hanya makan kentang goreng , dan ini adalah salah satu kencan terbaik yang pernah ia alami.

Dia mengutip ucapan Helen Fisher, seorang antropolog dari Indiana University Bloomington yang mengatakan bahwa wanita ingin tahu apakah pria bersedia mengorbankan keuangannya demi wanita idamannya ? Selama jutaan tahun, wanita membutuhkan pasangannya untuk membesarkan anak-anak mereka, dan mereka bisa menggunakan kesempatan berkencan ini untuk mendeteksi sinyal ini.

Artikel Jana Hocking ini menjadi bahan diskusi dan opini masyarakat yang memang selalu berbeda-beda.

Seorang netizen berpendapat bahwa orang yang mengusulkan kencan itulah yang seharusnya membayar tagihan. Netizen lain yang merupakan seorang wanita menyebutkan bahwa dirinya lebih memilih untuk membayar tagihan sendiri-sendiri pada saat kencan pertama, tetapi jika yang pria bersikeras membayar, maka dia juga akan bersikeras untuk membayar biaya yang timbul pada saat kencan berikutnya. Namun jika dirinya tahu bahwa tidak akan ada lagi kencan berikutnya, maka ia akan bersikeras untuk membayar bagian biaya yang memang menjadi tanggungannya.(sin/yn)

Sumber: epochtimes

Share
Kategori: SERBA SERBI

Video Popular