Erabaru.net. Seorang ibu baru telah menjadi orang pertama di Inggris yang menggunakan pereda nyeri ramah lingkungan saat melahirkan.

Entonox — campuran nitrous oxide dan oksigen dan lebih dikenal sebagai gas dan udara — telah digunakan untuk meredakan nyeri selama persalinan selama lebih dari satu abad.

Tapi dinitrogen oksida adalah gas rumah kaca yang kuat, hampir 300 kali lebih kuat daripada karbon dioksida, dan terlepas ke atmosfer setelah dihembuskan.

Sekarang, Kaja Gersinska telah menggunakan perangkat baru, yang dikenal sebagai Mobile Destruction Unit (MDU), yang ‘memecahkan’ nitrous oxide yang dihembuskan menjadi nitrogen dan oksigen yang tidak berbahaya.

Dia menggunakan MDU saat melahirkan Rosie Martha O’Sullivan, dengan berat 2,9kg, di Newcastle Birthing Center pada 9 September.

Gersinska mengatakan: “Saya tidak menduganya ketika saya datang ke sini hari ini – saya datang untuk melahirkan bayi saya – tetapi saya memulainya dengan menggunakan mesin tradisional dan kemudian menukarnya.”

“Itu lebih tenang dan jauh lebih nyaman untuk dipegang — senang membuat sedikit sejarah.”

Selain lebih ramah lingkungan, teknologi ini — yang dikembangkan oleh perusahaan penelitian dan pengembangan Medclair — bermanfaat bagi staf dengan mengurangi jumlah nitro oksida yang terpapar saat mereka bekerja.

Chris Allen, rekan anestesi berkelanjutan di Rumah Sakit Newcastle, mengatakan: “Meluncurkan teknologi ini di seluruh unit bersalin kami dapat membantu kami untuk terus mendukung wanita menggunakan gas dan udara selama persalinan, sambil menjadikannya ramah lingkungan mungkin.”

Rosie, yang dilahirkan oleh bidan Lindsay Craney, adalah anak kedua Gersinska dan Craig O’Sullivan. Mereka sudah memiliki seorang putri berusia dua tahun, Cassie.(lidya/yn)

Sumber: Metro

Share

Video Popular