Erabaru.net. Budaya makan antar bangsa atau etnis dapat saja berbeda, baik dalam cara memasaknya, atau juga dalam peralatan makan dan proses menikmati makanan. Misalnya, orang Asia Timur suka menggunakan sumpit, sedangkan orang Barat suka menggunakan pisau dan garpu. Di India dan Indonesia terkadang orang makan dengan menggunakan jari tangan.

Meskipun banyak orang berpikir bahwa makan dengan menggunakan tangan kurang higienis, kurang sopan. Tetapi dari sudut pandang ilmiah, hal itu justru membawa efek positif lho ! Ada 7 manfaat yang bisa didapat dari makan dengan jari tangan alih-alih peralatan makan.

1. Melatih gerak jari dan pergelangan tangan

Penggunaan sumpit secara alami dapat melatih jari-jari kita, tetapi jika kita menggunakan pisau dan garpu, tidak akan cukup untuk menggerakkan tangan, karena gerakan garpu terbatas. Tetapi saat menggunakan jari tangan untuk mengambil makanan dan menyuapkan ke mulut, seluruh otot tangan akan dilatih secara maksimal, bahkan melebihi ketika menggunakan sumpit.

2. Menghindarkan dari luka bakar di lidah

Ketika kita makan dengan menggunakan pisau, sendok garpu atau sumpit, kita mungkin tidak menyadari tentang suhu makanan yang akan kita lahap, karena ‘perantaranya’ adalah peralatan makan. Sehingga mungkin saja makanan masih terlalu panas dan membuat lidah kita terluka. Tetapi, dengan jari tangan dapat berfungsi sebagai penyensor sehingga menghindari terjadinya masalah ini.

3. Terhindar dari makan berlebihan

Ketika kita makan dengan menggunakan jari tangan, kita cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan dan merasa lebih cepat kenyang. Dan ketika kita menggunakan peralatan makan, kita bisa makan lebih banyak. Alasan utamanya adalah ketika kita makan dengan menggunakan jari tangan, tubuh kita secara alami dapat merasakan berat makanan, tetapi jika kita menggunakan peralatan makan, perasaan ini terhalang, membuat kita kurang bisa merasakan berapa banyak yang sudah dimakan.

4. Dapat mencegah diabetes tipe 2

Studi telah menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki diabetes tipe 2, orang dengan diabetes tipe 2 lebih cenderung akan makan dengan menggunakan peralatan karena menggunakan sendok. Garpu dan sumpit bisa membuat makanan lebih cepat ke mulut, sehingga memicu naiknya gula darah dalam tubuh, yang selanjutnya mendorong perkembangan diabetes tipe 2. Tetapi makan dengan jari tangan membuat kita secara sadar memperlambat makan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, makan dengan menggunakan jari tangan dapat membuat kita merasa lebih cepat kenyang.

Menurut ilmu saraf, ujung jari kita mengandung mekanoreseptor. Ketika kita menyentuh makanan dengan ujung jari, mekanoreseptor akan bekerja dengan memecahkan kode tanpa bantuan otak. Pada saat yang sama, reseptor hidung menerima bau dan melepaskan air liur, sehingga otak melepaskan cairan lambung, dengan demikian pencernaan berlangsung lebih baik, tetapi ketika kita makan dengan sendok, garpu maupun sumpit, proses tersebut akan tertunda. Karena itu, jumlah makanan yang kita konsumsi akan lebih sedikit, yang secara alami dapat membantu orang menurunkan berat badan.

6. Makanan terasa lebih lezat

Saat kita makan dengan menggunakan jari tangan, kita dapat meningkatkan rasa dan aroma makanan, sehingga membuat seluruh proses makan menjadi lebih menyenangkan dibandingkan dengan makan dengan bantuan peralatan.

Hubungan atau sinkronisasi antara kita dengan makanan lebih terjalin. Selain itu, pikiran yang lebih terjaga dan tenang dapat berkontribusi pada pencernaan yang optimal dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

7. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan jari tangan adalah latihan otot yang baik, yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Banyak menggerakan jari tangan dapat membantu kelancaran sirkulasi darah, yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.(sin/yn)

Sumber: aboluowang

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular