NTD

Media resmi komunis Tiongkok melaporkan pada (28/9/2021) tentang kegagalan pihak berwenang dalam meluncurkan satelit karena terjadi kelainan pada roket peluncurnya. Pada waktu yang sama seorang pengguna Internet di Provinsi Guangxi merilis secara online rekaman video tentang penyebaran puing-puing roket yang jatuh di desa Guangxi

Pada 28 September, Kantor Berita Xinhua dalam pesan singkatnya menyebutkan bahwa pada 27 September pukul 16:20 roket Long March 3B yang membawa satelit diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang. 

Roket meluncur secara normal, dan satelit bersiap memasuki orbit yang ditentukan. Selama penerbangan roket, terjadi kondisi tidak normal pada operasi satelit. Alasan spesifiknya sedang dalam analisis dan penyelidikan lebih lanjut pihak berwenang.

Netizen juga merilis video jatuhnya puing-puing roket. Video yang direkam pada 27 September sekitar pukul 4 sore menunjukkan, puing – puing roket jatuh tersebar di pedesaan di Kabupaten Najia, Zurong, Longsang, Yandong, Longguang, Ronghua dan tempat lainnya di Provinsi Guangxi.

Dalam beberapa tahun terakhir, program luar angkasa komunis Tiongkok sering mengalami kegagalan dalam melakukan peluncuran satelit ke luar angkasa. 

Sekitar 2 pekan lalu, selama peluncuran satelit Jilin-1 High Score 02D, terjadi tidak normal pada roket peluncurnya sehingga misi peluncuran gagal. (sin)

Share

Video Popular