Erabaru.net. Pada usia 108 tahun, dua saudara perempuan di Jepang telah menjadi kembar identik tertua di dunia.

Guinness World Records mengkonfirmasi Umeno Sumiyama dan Koume Kodama sebagai kembar identik tertua ketika mereka mencapai 107 tahun dan 330 hari.

Mereka membuat pengumuman kemarin pada hari Senin (20/9) pada hari libur nasional Hari Penghormatan Jepang untuk Lansia.

Pernyataan Guinness World Records mengatakan bahwa mereka telah mengambil gelar pada 1 September, mengalahkan dua saudara perempuan Jepang lainnya Kin Narita dan Gine Kanie yang berusia 107 tahun dan 175 hari.

Umeno dan Koume lahir pada 5 November 1913, dan memiliki sembilan saudara kandung lainnya.

Mereka dibesarkan di Pulau Shodoshima di barat Jepang. Mereka berpisah setelah sekolah dasar ketika Koume pindah ke Pulau Kyushu untuk bekerja sebagai pembantu.

Koume menetap di sana dengan seorang suami sementara Umeno memulai keluarganya sendiri di Shodoshima.

Mereka jarang bertemu lagi sampai usia 70 tahun ketika mereka mulai melakukan perjalanan ke Kuil Shikoku bersama.

Mereka juga sebelumnya mengingat kesulitan masa kecil mereka, selama periode sejarah Jepang ketika anak-anak dari banyak kelahiran dilecehkan.

Pemegang rekor sebelumnya menjadi terkenal di Jepang selama 1990-an, dan keluarga Umeno dan Koume mengatakan bahwa pasangan itu sering bercanda tentang mengambil gelar.

Sertifikat mereka ditempelkan di dua panti jompo tempat mereka sekarang tinggal. Guinness mengatakan bahwa, meskipun ingatan Koume memudar seiring bertambahnya usia, keluarganya dibuat yakin bahwa dia telah mencapai penghargaan yang sering dia bicarakan.

Mereka menambahkan bahwa Umeno menangis ketika dia mendapatkannya.(yn)

Sumber: dailystar

Share

Video Popular