Erabaru.net. Selama 12 tahun Caroline McHugh merawat ikan mas Dotty-nya, dia tahu persis kapan hewan peliharaannya merasa bersemangat – atau hijau karena insangnya.

Jadi, ketika tumor berkembang di atas mata kiri Dotty, perawat hewan magang itu putus asa untuk menyembuhkannya kembali.

McHugh, 32t tahun, mengatakan: “Dotty tenang dan berenang di sekitar tangkinya perlahan. Dia tidak senang.”

“Dia benar-benar anggota keluarga yang penting. Kami tidak suka jika dia kesakitan atau tidak nyaman.”

McHugh menyerahkan hewan peliharaan kesayangannya kepada rekan-rekannya di McDonald Vets di Glasgow, Skotlandia.

Meskipun operasi pada ikan peliharaan bukan tanpa preseden, ini adalah pertama kalinya ahli bedah hewan Lee Shrigley dan Calum Aitken mencoba. Memang, operasi ini belum pernah terjadi dalam 40 tahun sejarahnya.

Pertama, ahli bedah menaburkan bubuk anestesi ke dalam tangki Dotty untuk membuatnya mengantuk, lalu mengeluarkannya dari tangki dan membaringkannya di meja operasi, terus-menerus menyemprotkan air ke insangnya untuk menjaga pernapasannya.

Selama operasi selama satu jam, ahli bedah menggunakan pinset dan pisau ultra-tipis untuk memotong tumor.

Jahitan kecil yang dapat larut menyegel pembuluh darah yang terputus. Dan hanya tiga hari kemudian, Dotty telah pulih sepenuhnya.

Operasi itu menghabiskan biaya sekitar £200 (sekitar rp 3,8 juta) – lebih mahal dari seekor ikan mas – tetapi gratis untuk McHugh karena dia bekerja di operasi itu.

Ikan mas dapat hidup hingga 15 tahun, dan Dotty sekarang memiliki lebih banyak hari untuk berenang ke depannya.

McHugh menambahkan: “Saya sangat senang dia bermain-main lagi.” (yn)

Sumber: dailymail

Share

Video Popular