Erabaru.net. Seorang pengacara di New York, AS, membeli rumah tua pada akhir tahun lalu. Selama renovasi, dia menemukan lebih dari seribu barang antik di loteng tersembunyi, nilainya di antaranya mungkin mencapai puluhan ribu dollar AS.

Pada bulan Desember 2020, seorang pengacara, David Whitcomb, membeli sebuah rumah tua tiga lantai seharga 100.000 dollar. Ia berencana merenovasi lantai satu dan dua menjadi ruang kantor dan lantai tiga untuk tempat tinggal.

Beberapa minggu kemudian, ketika dia membawa seorang teman untuk mengunjungi rumah itu, mereka melihat celah di langit-langit lantai tiga, dan menemukan bahwa ada loteng rahasia yang tersembunyi di atasnya. David terkejut dengan ini.

“Pemilik sebelumnya tidak menyadari bahwa ada loteng di sini. Ketika saya membeli rumah ini, tidak ada yang menyebutkannya,” kata David kepada The Epoch Times.

“Kami pikir kami akan menemukan kasau di langit-langit, tetapi kami menemukan lantai yang tampak seperti lantai lain.”

“Kami tidak percaya bahwa ada loteng lain, dan ruangnya sangat kecil, tetapi setelah melihat-lihat, kami menemukan bahwa ada pelat saluran yang dibangun di langit-langit. Jika Anda tidak mencarinya secara khusus, Anda tidak akan telah memperhatikannya.”

Setelah memasuki loteng, David menemukan banyak foto lama dari akhir 1800-an hingga awal 1900-an, bingkai foto antik yang dihias dengan hiasan, dan peralatan fotografi. Jelas, loteng ini digunakan oleh seorang fotografer sejak lama. Bahkan, loteng ini adalah studio fotografer terkenal James E. Hale.

Selain itu, dalam koleksi sejarah tersebut juga ditemukan foto aktivis sosial Susan B. Anthony, yang potretnya kini tergantung di Library of Congress.

“Saat itu saya sangat bersemangat. Kami tidak tahu ada loteng di rumah itu, apalagi banyak barang di dalamnya. Ini memicu proses penelitian jangka panjang yang sangat menarik,” tambahnya.

Penemuan baru ini juga mencakup potret hitam-putih wanita, pria, dan anak-anak, semuanya mengenakan pakaian vintage dari pergantian abad; bingkai foto cantik; pelat kaca negatif, dan peralatan dan perlengkapan fotografi antik dengan sejarah lebih dari 100 tahun.

David mengundang pakar fotografi untuk membantu membersihkan dan menilai koleksi-koleksi tersebut, yang totalnya lebih dari seribu barang antik disortir dan kemudian dilelang.

Lelang terkait berlangsung pada 17 September, dan banyak barang antik telah terjual, dengan harga mulai dari 8 dollar hingga 2.800 dollar. Pada saat yang sama, potret langka Anthony yang diambil pada tahun 1905 terjual seharga 3.500 dollar.

Namun, David tidak melelang semua yang ditemukan di loteng.

“Ada beberapa koleksi di dalamnya, saya memutuskan untuk tidak menjualnya, Anda tidak dapat menyimpannya dalam penemuan sekali seumur hidup!” tambahnya.

“Semua orang berharap menemukan harta karun itu suatu hari nanti, dan kami memang menemukannya. Luar biasa.”(yn)

Sumber: The Epchtimes

Share

Video Popular