Erabaru.net. Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX resmi dibuka di Stadion Utama Lukas Enembe, kompleks olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

Presiden Jokowi mengatakan PON  adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengatakan, stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, dan udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusia Papua merupakan capaian-capaian lain Papua yang sangat membanggakan ini.

Selain terus meningkakan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, Presiden  juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

“Prestasi Anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan, prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani atletik, Franklin Ramses Burumi atletik, Boaz Solossa sepak bola, harus diikuti oleh anak muda anak muda Papua lainnya,” ungkapnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan sebuah kebanggaan bisa melihat anak bangsa bisa berkumpul dan bersatu di Papua. Mungkin kesempurnaan belum bisa  diberikan. Ia selaku Ketua Umum PB PON meminta maaf kepada peserta apabila ada pelayanan dalam penyelenggaraan PON yang kurang, tapi pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik dan selalu memberikan senyum.

“Selamat datang di Tanah Papua dan selamat bertanding, Torang Bisa!,” katanya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengatakan, kendala yang dihadapi tidak ringan dalam menyiapkan sarana dan prasarana pertandingan di tengah masa yang sulit dan dapat diatasi dengan baik.

Mantan Kepala BIN itu mengatakan,  meskipun masih banyak kekurangan minor dengan pembukaan ini bahwa seberat apapun masalah yang dihadapi selagi bisa bersatu dan menjadi bagian dari solusi, diharapkan dapat membangkitkan prestasi olahraga Indonesia dan bangkitkan Indonesia dari pandemi Covid-19.

Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku memandu  pembukaan yang berlangsung dengan meriah. Yel-yel moto PON XX, “Torang Bisa” menggema. Kombinasi kesenian tradisional dan modern mewarnai acara pada malam itu.  

Pesta kembang api meriahkan upacara pembukaan PON XX Papua 2021 . Para bintang D’Uzzy, Kaonak Group Papua, Tulus, Ruth Sahanaya, dan Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Edo Kondologit, Lea Simanjuntak, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice serta Padus Gema Chandra Universitas Cenderawasih menyemarakkan ivent yang pertama di gelar di kawasan Indonesia Timur itu.

PON XX digelar pada 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021. Pada ivent ini melibatkan 7.046 atlet dari 34 Provinsi di 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga. (ponxx2021papua.com/BPMI/asr)

Share

Video Popular