Li Qingyi dan Li Linzhao – NTD

Meskipun negara bagian Victoria di Australia  menerapkan langkah pencegahan epidemi secara ketat, tetapi tidak dapat mencegah lonjakan kasus. Sementara itu,  Perdana Menteri Inggris Boris Johnson  berjanji tentang Natal pada tahun ini akan lebih baik dari tahun lalu.  Simak selengkapnya laporan pandemi COVID-19.

  1. Perdana Menteri Inggris: Natal kali ini akan jauh lebih baik dari tahun lalu

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berjanji pada hari Minggu 3 Oktober, bahwa meskipun Inggris masih menghadapi kekurangan bahan bakar dan komoditas, Natal tahun ini akan “jauh lebih baik” daripada tahun lalu.

Beberapa bulan terakhir, banyak perusahaan di Inggris  melaporkan kekurangan pasokan, termasuk rantai makanan cepat saji seperti KFC dan McDonald’s. Beberapa rak supermarket juga kosong. Orang-orang khawatir akan adanya kekurangan pasokan yang berlanjut sebelum Natal mendatang. Bahkan, kekurangan supir pengangkut Truk BBM, membuat pasokan BBM  ke sejumlah SPBU terbatas. 

Untuk menghindari kekurangan kalkun Natal, pemerintah Inggris mengumumkan mulai akhir Oktober, sebanyak 5.500 pekerja unggas dari luar negeri akan diizinkan masuk ke Inggris. Mereka akan dapat tinggal di Inggris sampai akhir tahun ini.

  1. Jepang Cabut Status Darurat Nasional COVID-19

Setelah Jepang mengumumkan pada  Jumat 1 Oktober bahwa status darurat epidemi sepenuhnya dicabut. Kini, warga  berbondong-bondong ke daerah wisata utama, pusat kota, Tokyo Disneyland dan objek lainnya selama  akhir pekan lalu pada  tanggal 2 danl 3 Oktober lalu. Akibatnya, menyebabkan kemacetan di stasiun dan jalan raya.

Pemerintah Jepang akan terus melonggarkan pembatasan dan pengendalian secara bertahap, tetapi akan terus mengharuskan wajib masker dan langkah pencegahan epidemi dasar lainnya.

  1. Perjalanan ke Selandia Baru harus divaksinasi lengkap

Maskapai Air New Zealand mengumumkan bahwa mulai 1 Februari 2022, semua penumpang internasional berusia 18 tahun ke atas harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap sebelum mereka dapat naik ke pesawat, kecuali dengan alasan medis. 

Pada Minggu 3 Oktober 2021, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyatakan dukungannya atas keputusan ini.

Ia menyatakan, akan sekarang mengumumkan yang mengharuskan non-warga negara yang memasuki Selandia Baru harus divaksinasi.

  1. Lonjakan Kasus Saat Lockdown di Negara Bagian Victoria, Australia

Pada Sabtu 2 Oktober, Victoria, Australia, menambahkan 1.220 kasus lokal dan 3 kematian. Menteri Utama Negara Bagian Victoria,  Daniel Andrews mengungkapkan pada  3 Oktober, bahwa 71.275 penduduk dites pada saat yang sama, memecahkan rekor negara bagian itu. 

Laporan menyebutkan, negara bagian Victoria menjadi daerah yang menerapkan lockdown dalam jangka panjang.  Lockdown sudah berlaku selama 267 hari, sebelum pembatasan dicabut. 

Untuk menghentikan penyebaran varian Delta, Negara Bagian Victoria mengumumkan perintah wajib vaksin. Sejak akhir September tindakan pemerintah terus memicu aksi protes secara terus-menerus di Melbourne. Bahakan negara bagian  menggunakan kekuatan polisi untuk menekan massa. (hui)

Share

Video Popular