Erabaru.net. Pil Covid-19 Molnupiravir buatan Merck kini dipesan oleh sejumlah negara. Tak tertutup kemungkinan juga akan masuk ke Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Senada dengan Menkes, Satgas COVID-19 juga menegaskan semua obat pada dasarnya harus menjalami uji klinis.  

“Terkait dengan uji klinis, tahapan Ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebelum obat layak digunakan secara umum oleh masyarakat umum,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito Keterangan Pers di Graha BNPB, Selasa (5/10/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Wiku mengatakan, Indonesia bersikap terbuka dengan semua alternatif jenis pengobatan terkait COVID-19. Hal ini didasari agar pasien COVID-19 dapat sembuh dan meningkatkan angka kesembuhan setinggi-tingginya.

Ia menambahkan, kedepannya pemerintah akan segera menginformasikan update terkait perkembangan obat dan material kesehatan untuk mendukung pelayanan COVID-19.

Sebagai langkah mengamankan masuk obat-obat tersebut, kini Singapura, Australia, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia dan Thailand dalam menyelesaikan tahapan pembelian obat bahkan ada yang sudah menandatangani perjanjian.  (asr)

Share

Video Popular