Li Mei dan Lin Yi – NTD

 Lebih dari 236 juta orang didiagnosis COVID-19 di seluruh dunia dan lebih dari 4,83 juta orang meninggal dunia pada Jumat 8 Oktober dengan pengecualian daratan Tiongkok.  Finlandia  menangguhkan pemberian vaksin Moderna kepada kaum muda. Mengikuti negara nordik lainnya. Inggris mengumumkan mulai minggu depan, mereka akan mencabut pembatasan karantina dari 47 negara. 

Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps, mengumumkan pada Kamis 7 Oktober, bahwa mulai Senin 11 oktober, persyaratan karantina yang ketat untuk 47 tujuan perjalanan akan dicabut.

Grant Sharps berkata :  “Bagi orang yang ingin bepergian dan industri pariwisata, ini jelas sebagai langkah penting. 47 negara telah dihapus dari daftar merah, yang berarti bahwa orang sekarang dapat bepergian.”

47 negara  ini termasuk Afrika Selatan, Thailand, India, Indonesia dan Turki. Sharps juga mengatakan bahwa Inggris akan menerima tes atau sertifikat vaksinasi dari 37 negara lain.

Inggris menambahkan lebih dari 40.000 kasus yang dikonfirmasi dan 122 kasus kematian pada Jumat 8 Oktober. Lebih dari 8 juta kasus diagnosis dikonfirmasi dan 137.000 kasus kematian.

Di negara bagian Victoria, Australia, 1.838 kasus baru dikonfirmasi pada Jumat 8 Oktober, yang mencatatkan rekor tertinggi. Hari itu juga ada 5 orang meninggal. Sejak varian Delta merebak di daerah itu pada awal Agustus, sebanyak  75 orang meninggal dunia. Pihak berwenang menyatakan bahwa epidemi mendekati puncaknya.

Finlandia mengumumkan  bahwa mereka akan menangguhkan vaksinasi Moderna untuk pria di bawah 30 tahun.Sehari sebelumnya, Swedia, Denmark dan Norwegia menangguhkan vaksinasi Moderna untuk orang di bawah 30 dan 18 tahun.

Norwegia juga menyampaikan pihaknya merekomendasikan vaksin Pfizer untuk pria di bawah 30 tahun.

Sejumlah laporan penelitian di Eropa Utara menemukan bahwa kaum muda, terutama pria, lebih mungkin mengalami efek samping yang jarang terjadi seperti miokarditis dan perikarditis setelah divaksinasi dengan  Moderna. (hui)

Share

Video Popular