Erabaru.net. Fleksibilitas bukanlah sifat yang biasanya dikaitkan dengan batuan, tetapi ada satu pengecualian penting untuk aturan tersebut – itacolumite, batu pasir berpori yang menjadi fleksibel saat dipotong menjadi potongan tipis.

Itacolumite dinamai tempat di mana ia awalnya ditemukan, formasi batuan Pico do Itacolomi di Minas Gerais, Brasil, tetapi juga dapat ditemukan di tempat lain di seluruh dunia, seperti Georgia dan Carolina Utara di AS, dan desa Kaliana di India.

Batuan ini biasa digunakan sebagai batu konstruksi; karena partisinya yang bagus, dapat dibentuk menjadi pelat setebal 1 cm dan panjang hingga 20 cm yang kemudian banyak digunakan sebagai revetment lantai atau dinding. Namun, ketika dipotong menjadi potongan tipis hanya beberapa sentimeter, ia menampilkan fleksibilitas ekstrim yang telah mempesona ahli geologi selama beberapa dekade.

Menurut Wikipedia, jika sepotong itacolumite sepanjang 30 hingga 60 sentimeter dibiarkan hanya ditopang pada ujungnya, dia akan secara bertahap menekuk karena beratnya sendiri. Ketika dibalik itu akan meluruskan dan menekuk ke arah lain di bawah tarikan gravitasi. Ini bukan sesuatu yang biasanya Anda perhatikan di bebatuan, tapi itu bukan sihir, tapi sains.

Fleksibilitas itacolumite telah menjadi topik perdebatan sengit antara ahli geologi selama berabad-abad. Pada satu titik waktu, diyakini bahwa kehadiran sisik tipis mika memungkinkan sedikit pergerakan di antara butiran kuarsa yang berdekatan, tetapi fleksibilitas batuan yang menarik ini tampaknya memiliki penyebab yang berbeda.

Rupanya, porositas itacolumite memungkinkan gerakan interstisial, sementara sambungan seperti engsel yang menghubungkan partikel pasir menahan mereka bersama meskipun ada perpindahan.

Membengkokkan sepotong itacolumite telah digambarkan sebagai pengalaman trippy oleh mereka yang cukup beruntung untuk memegang potongan kuarsit di tangan mereka, karena pasti memiliki berat batu, tetapi mudah melentur ketika tekanan diterapkan pada ujungnya.(yn)

Sumber: odditycentral

Share

Video Popular