Erabaru.net. Berusaha untuk menyenangkan istrinya yang menginginkan pemandangan yang lebih beragam dari rumah keluarga mereka, seorang inovator otodidak Bosnia telah membangun sebuah rumah berputar, memungkinkan dia untuk menyaksikan matahari terbit dalam satu saat dan orang yang lewat di saat berikutnya.

“Saya bosan dengan keluhannya, dab saya berkata: Saya akan membangunkan kamu rumah berputar sehingga kamu dapat memutarnya sesuai keinginan kamu,” Vojin Kusic, 72 ahun, mengatakan kepada Reuters.

Terletak di dataran subur di Bosnia utara dekat Kota Srbac, rumah berputar di sekitar sumbu 22 kaki yang dirancang oleh Kusic, dengan pemandangan ladang jagung dan lahan pertanian berubah menjadi hutan dan sungai dengan kecepatan yang diinginkan.

“Rumah itu bisa membuat lingkaran penuh selama 24 jam saat kecepatan paling lambat, sedangkan saat putaran tercepat bisa membuat lingkaran penuh dalam waktu 22 detik,” kata Kusic.

Kusic mengatakan dia terinspirasi oleh penemu Serbia-Amerika Nikola Tesla dan Mihajlo Pupin, dan bahwa berasal dari keluarga miskin tanpa kemungkinan pendidikan yang baik telah memaksanya untuk mencari cara membuat sesuatu sendiri.

“Ini bukan inovasi, hanya membutuhkan kemauan dan pengetahuan, dan saya punya cukup waktu dan pengetahuan,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia telah membangun rumah sepenuhnya sendiri.

Proyek ini membutuhkan waktu enam tahun untuk diselesaikan, kecuali waktu istirahat untuk tinggal di rumah sakit karena kondisi jantung. Rumah tersebut lebih tahan terhadap gempa dibandingkan dengan rumah yang tidak bergerak, ujarnya.

“Saya meminta dokter untuk mencoba memperpanjang (hidup saya) setidaknya selama satu tahun karena saya memiliki proyek ini di kepala saya, dan … tidak ada yang akan tahu bagaimana menyelesaikannya.” (yn)

Sumber: nypost

Share

Video Popular