Erabaru.net. Apakah itu musim dingin atau panas, pagi atau sore, apakah itu dimakan oleh orang dewasa atau anak-anak, telur rebus selalu ada di atas meja makan keluarga. Apalagi ketika bangun pagi yang kesiangan sehingga tidak punya waktu untuk memasak, maka cara mudah untuk mengisi perut adalah makan satu atau dua butir telur rebus. Selain mengenyangkan, juga menambah nutrisi.

Merebus telur adalah yang paling mudah, tinggal memasukkan telur ke dalam air bersih lalu merebusnya selama beberapa menit. Beres !

Namun, cara sederhana ini justru membuat banyak orang kesulitan, apakah telur rebusnya kurang empuk, atau cangkangnya tidak mudah dikupas.

Memang banyak orang masih berpendapat bahwa telur segar yang direbus, cangkangnya sulit dikupas, beda dengan telur yang sudah disimpan agak lama, untuk mengelupas cangkangnya lebih mudah. Namun, setelah seorang nenek menuturkan dan mendemonstrasikan triknya, kita baru sadar bahwa pendapat itu keliru.

Siapkan bahan: Telur ayam, garam dapur, air bersih, cuka putih.

Caranya adalah:

1. Telur yang akan kita rebus kita cuci sampai bersih, agar kotoran yang menempel di kulit luar telur terlepas.

Biasanya setelah itu orang akan memasukkan telur ke dalam air bersih dalam panci untuk direbus. Tetapi itu sebenarnya salah.

2. Telur yang sudah dibersihkan itu perlu direndam di air bersih dalam baskom selama sekitar 5 menit, tujuannya adalah menambah kelembaban telur yang mau direbus. Agar telur rebus nanti terasa lebih lembut saat dimakan dan mempermudah mengelupas cangkangannya.

3. Selanjutnya siapkan panci dan tuang air bersih secukupnya, atau sebanyak bisa menenggelamkan telur yang mau direbus. Kegunaannya adalah agar matangnya telur merata.

4. Tambahkan sesendok garam dapur dan cuka putih ke dalam panci lalu masukkan telur.

Kegunaan garam dan cuka ini adalah untuk melunakkan cangkang agar lebih mudah dikupas.

Setelah air mendidih dengan api besar, biarkan air tetap mendidih dengan api kecil selama 5 menit, lalu matikan api dan membiarkan telur sebentar berada di dalam panci. Setelah itu telur boleh dikeluarkan untuk dimakan.

Dengan mengkonsumsi telur rebus setiap hari, badan akan lebih sehat daripada makan makanan cepat saji. Jika Anda ingin makan telur rebus, ikuti saja cara ini. Sederhana dan enak rasanya.

Selamat mencoba.(sin/yn)

Sumber: aboluowang

Share
Tag: Kategori: SERBA SERBI

Video Popular