| Selenium Kurangi Resiko Depresi Paska Persalinan |
| Ditulis oleh Era Baru | Selasa, 03 Agustus 2010 |
|
Dari perspektif nutrisi, hal-hal yang diketahui dapat melindungi diri dari PPD di antaranya adalah lemak omega-3, yang banyak ditemukan pada lemak ikan, termasuk ikan salmon, trout, mackerel, dan ikan haring. Penelitian ini dilakukan oleh University of Cincinnati College of Medicine dan diterbitkan di Jurnal Psychiatric Research edisi Maret 2009. Penelitian terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Maternal-Fetal and Neonatal Medicine edisi 8 Juni, mengemukakan bahwa agen nutrisi lain yang berpotensi membantu mencegah PPD adalah selenium. Dalam studi tersebut, sebanyak 166 ibu pada awal kehamilan, diberikan suplemen selenium (100 mikrogram per hari) atau placebo, mulai sekitar trisemester pertama kehamilan hingga kelahiran. Gejala depresi dinilai selama delapan minggu setelah kelahiran. Para ibu yang mendapatkan suplemen selenium, tingkat nutrisinya meningkat (dibandingkan dengan ibu hamil yang mendapatkan placebo, tingkat nutrisi mereka tidak naik). Dibandingkan dengan ibu hamil yang menggunakan placebo, peringkat depresi (sebagaimana ditentukan Skala Depresi pasca kelahiran Edinburgh) juga mengalami penurunan secara signifikan pada ibu hamil yang mengonsumsi selenium. Para penulis studi menyimpulkan, “Penemuan ini menunjukkan bahwa suplementasi dengan selenium selama kehamilan mungkin merupakan pendekatan yang efektif untuk mencegah depresi pasca-persalinan.” Perlu disebutkan bahwa selenium hanya salah satu dari berbagai macam nutrisi yang mungkin, jika dilakukan selama masa kehamilan, memiliki manfaat bagi ibu dan bayinya. (Dr. John Briffa/The Epoch Times/feb) Dr. John Briffa adalah dokter di London dan penulis di bidang nutrisi dan pengobatan alami. Situsnya adalah Drbriffa.com |
Cari Artikel di Era Baru :
Ingin berita terkini EB muncul di Beranda Anda?
Ayo, gabung bersama ribuan penggemar lainnya!

- Pendekatan Penelitian Reinkarnasi
- Apakah Telepati Bertentangan dengan Ilmu Pengetahuan Modern?
- KontraS : 14 Tahun Reformasi HAM Hanya Menjadi Trend
- Kisah Bocah 8 Tahun Nasehati Koruptor
- Pemimpin Oposisi Malaysia Hadapi Dakwaan Pidana
- Aset Duta Besar AS Dipublikasikan di Internet China
- Mengungkap Misteri Rahasia Kalender Maya
- Kampak Si Penebang Pohon
- Belenggu Hati
- Surat Terbuka untuk Presiden Obama: Dukungan Falun Gong di China
- Apakah Manusia Memiliki Kemampuan Paranormal?
- Peneliti Terus Selidiki Misteri Gunung Padang
- Lukisan Paling Tenang
- Semur Kuping Babi Palsu Ditemukan di China
- Kisah Kaisar Liang Wu
- Pecahkan Kasus Pembunuhan Melalui Serangga

Depresi Pasca Persalinan (PPD) mempengaruhi sekitar 10 persen ibu setelah masa persalinan.


Mozilla Firefox