Home

VIDEO NTDTV

This text will be replaced

 

jokowi-jk-capresJakarta – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla sedang menjalani kesehatan yang akan dilaksanakan pada hari ini di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014).

Tes kesehatan ini merupakan rangkaian dari tahapan persyaratan untuk mengikuti Pilpres pada Juli mendatang. Tes kesehatan ini merupakan kerjasama KPU RI dengan Ikatan Dokter Indonesia.

Menurut KPU, pemeriksaan kesehatan terhadap Jokowi-Jusuf Kalla dijadwalkan berlangsung pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan Prabowo-Hatta dijadwalkan Jumat besok (23/5/2014). Tes kesehatan yang dilakukan dari berbagai dokter di bidang mereka masing-masing yakni terdiri 42 dokter spesialis.

Berikut tahapan tes kesehatan yang akan dilalui Jokow-JK :

1. Pengambilan sampel darah pertama
2. Pemeriksaan USG Abdomen
3. Pemeriksaan sampel urin
4. Pemeriksaan gigi
5. Sarapan pagi
6. Pemeriksaan MMPI
7. Pemeriksaan penyakit dalam
8. Pengambilan sampel darah yang kedua
9. Pemeriksaan thoraks
10. Pemeriksaan jantung
11. Pemeriksaan mata
12. Pemeriksaan bedah
13. Pemeriksaan syaraf
14. Pemeriksaan MMR kepala
15. Pemeriksaan psikiatri
16. Pemeriksaan paru
17. Pemeriksaan THT

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Prof. Dr. Zubairi, SpPD sebelumnya menjamin bahwa nantinya semua kegiatan pemeriksaan ini akan berjalan secara profesional, dan independen. Dia juga menghimbau kepada seluruh tim medis RSPAD Gatot Soebroto untuk selalu menjaga kode etik kedokteran selama proses pemeriksaan berlangsung.

"Sehingga pemeriksaan dapat berjalan secara objektif, dan hasilnya jauh dari asumsi-asumsi yang bersifat politis," katanya saat bertemu dengan Ketua KPU Husni Kamil Manik, Senin lalu.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan pemeriksaan kesehatan itu bertujuan apakah bakal Capres dan Cawapres yang mendaftrakan diri memiliki potensi untuk mengalami gangguan atau tidak saat menjalankan fungsi presiden dan wakil presiden.

"Maka jika tidak mengalami potensi maka mereka memenuhi syarat," ujarnya beberapa waktu lalu.

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.