Saturday, November 27, 2021
No menu items!
HomeKELUARGAMenghilangkan Perasaan Tertekan pada Anak

Menghilangkan Perasaan Tertekan pada Anak

Masa kanak –kanak adalah masa yang paling menyenangkan dan menjadi kenangan seumur hidupnya sampai beranjak dewasa. Karena dimasa inilah anak –anak dapat riang gembira bermain dan belajar bersama teman teman sebayanya. Namun, di era modern sekarang ini, kebahagiaan dari anak –anak seakan telah berkurang dan menghilang. Hal ini karena berbagai sebab, diantaranya perasaan tertekan akibat kurangnya waktu berkumpul, kasih sayang, perhatian dan komunikasi dari orangtuanya, juga pelajaran sekolah yang banyak nan .

Berikut ada beberapa cara untuk mengurangi tekanan pada anak saat menjelang ujian sekolah.

Bermain di luar ruangan

Ketika anak akan menghadapi ujian disekolahnya, Anda dapat membuat sebuah kegiatan sederhana seperti mengajak anak Anda bermain diluar lingkungan rumah Anda.

Hal ini adalah penting, karena dengan kegiatan bermain ini, anak Anda dapat melupakan sejenak beban pikirannya untuk menghadapi ujiansekolah, juga dapat meningkatkan hormon endorphin (hormon yang membuat seseorang menjadi senang ) dari anak –anak.

Latihan dapat berupa lomba lari,sehingga dapat memompa oksigen menuju seluruh tubuh, yang meningkatkan konsentrasi, pola tidur dan menjaga kewaspadaan ota dan juga dapat mengurangi rasa tertekan pada anak.

Makanan

Dengan makanan yang sehat dan benutrisi tinggi dapat menjadi sumber utama untuk mengobati stres pada anak–anak. Hal ini adalah penting, karena baik orang dewasa juga anak- anak membutuhkan asupan gizi, vitamin dan mineral yang cukup,yang diperlukan dalam metabolisme tubuhnya, sehingga dapat mencegah kelelahan dan stres yang akan dialami, khusunya menjelang ujian sekolah.

Anda juga dapat memberikan asupan makanan berupa minyak ikan sebagai sumber makanan yang penting, khususnya selama minggu-minggu akhir menjelang periode ujian sekolah.

Suplemen

Memang benar bahwa tidak semua anak suka mengonsumsi minyak ikan dan jika itu terjadi, maka mengonsumsi ikan dan suplemen lainnya dengan omega 3 dan 6 juga dapat bermanfaat. Anda dapat memberikan makanan yang kaya nutrisi juga gizi yang cukup melalui makanan yang istimewa. Namun, suplemen juga dapat memberikan solusi bagi kesehatan dan gizi anak –anak Anda.

Jadwal

Anda dapat membuat jadwal beserta waktu kegiatan untuk anak –anak, walaupun sulit dilakukan oleh mereka. Namun, hal ini penting, untuk melatih anak –anak sehingga terbiasa untuk hidup disiplin sampai dewasa nantinya.

Penjadwalan dapat dilakukan dengan menetapkan waktu belajar yang teratur, sehingga dapat melatih mereka untuk terbiasa belajar mendisiplinkan diri dalam menyelesaikan semua tugas sekolahnya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Perlu diingat : Anda juga harus membuat jadwal waktu istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh anak.

Meditasi

Anda dapat mengajak anak–anak untuk mengikuti kegiatn bermeditasi. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari meditasi. Hal ini juga bermanfaat untuk anak-anak menjelang periode ujian sekolahnya.

Meditasi bagi anak-anak dapat memiliki efek yang fantastis dan menenangkan pikiran juga dapat meringankan stres yang dialami ketika menghadapi ujian sekolah.(Anai/Yant)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments