Zixia dan Zengzi, keduanya adalah murid Confucius. Suatu hari, mereka berjumpa di jalan. Zengzi melihat Zixia dengan seksama dari kepala hingga jari kaki, lantas bertanya, “Di masa lalu Anda mempunyai banyak penyakit dan selalu kurus dan lemah. Sekarang Anda terlihat lebih gemuk dan juga lebih energik.”

Zixia dengan gembira berkata, “Saya baru-baru ini telah memenangkan sebuah pertarungan, jadi saya merasa sangat bahagia dan sebagai hasilnya, saya menjadi lebih gemuk.”

Tidak mengerti maksud Zixia, Zengzi bertanya, “Apa maksud Anda?”

Zixia membalas, “Suatu hari saya membaca buku pelajaran saya mengenai Yao (2353-2234 SM), Yu (abad 21 SM) dan Tang (abad 15 SM).”

“Setelah membaca sudut pandang mereka pada moralitas, persahabatan, dan kesetiaan, saya sadari saya telah menghargai pandangan mereka dan ingin menjadi seorang yang baik.”

“Meskipun demikian, ketika saya menyusuri sepanjang jalan dan melihat sangat banyak hal yang menggiurkan dan mengamati kehidupan orang lain dalam kemewahan, keinginan saya terhadap hal materi telah bangkit dan saya menginginkan mendapat uang banyak.”

“Ini adalah dua pemikiran yang saling bertolak belakang yang senantiasa bertarung dalam pikiran saya dan saya tidak dapat menemukan kedamaian. Saya tidak dapat makan dan istirahat dengan tenang, kehilangan berat badan dan mendatangkan banyak penyakit.”

“Lalu siapa yang memenangkan pertarungan?” sahut Zengzia.

Zixia dengan cepat menjawab, “Pandangan Yao, Yu, dan Tang pada moralitas, persahabatan dan kesetiaanlah yang menang. Seperti Anda dapat lihat sekarang, berat badan saya telah bertambah.”

Sebenarnya, sejak zaman dahulu sampai sekarang, banyak orang bijaksana yang menyadari bahwa keegoisan manusia menimbulkan suatu bentuk substansi material, substansi yang kotor.

Substansi kotor ini menyebabkan penyakit pada manusia. Ketika manusia mengejar perolehan pribadi, kekotoran akan terus menerus terkumpul di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Jika seseorang dapat mengatasi keegoisan dan pikiran buruk lainnya, dapat memandang hambar pada uang dan materi, menahan godaan manusiawi, dan melakukan sesuatu dengan wajar untuk memperoleh keuntungan pribadi, seseorang akan berasimilasi dengan karakteristik alam semesta.

Perhatian dan pikiran seseorang akan membumbung dan materi tubuh akan terangkat dengan baik. Seseorang akan dapat menjangkau kondisi yang bebas penyakit atau dengan sedikit penyakit. (Sound of Hope/Arf/Yant)

Share

Video Popular