Cukup ramai diberitakan media asing bahwa Jiang Zemin dan putranya Jiang Mianheng sudah menjalani tahanan rumah. Media Hongkong percaya, Jiang Zemin tidak akan muncul di pertemuan Beidaihe mendatang.

Dengan demikian maka rezim Xi Jinping akan dapat lebih lancar dalam memimpin jalannya  pertemuan Beidaihe, bernegosiasi untuk menyusun personil kabinetnya yang akan diajukan ke Sidang Paripurna ke 19 tahun depan dengan tanpa gangguan dari Jiang Zemin.

Pertemuan Beidaihe tahun ini cukup mendapat perhatian banyak pihak. Artikel dalam media Hongkong ‘Oriental Daily’ menyebutkan, isu-isu korupsi besar ala Zhou Yongkang, Bo Xilai, Xi Caihou, Guo Boxiong dan lainnya bisa jadi sudah tidak dijadikan topik pembahasan dalam pertemuan Beidaihe nanti seiring dengan dihukumnya Ling Jihua.

Saat ini “Rencana Pembangunan 135” sudah berjalan, sehingga topik yang akan dinegosiasikan atau dimintai pendapat dari para mantan pemimpin senior Tiongkok yang diundang ke dalam pertemuan nanti adalah soal pesonil yang akan didudukan dalam kabinet mendatang. Penulis artikel percaya bahwa Jiang Zemin bakal tidak muncul dalam liburan musim panas plus pertemuan Beidaihe yang akan diadakan pada akhir bulan ini atau awal bulan depan itu.

Sejak akhir tahun lalu terutama dalam beberapa bulan terakhir ini, media asing makin sering melaporkan berita tentang tahanan rumah yang sudah dijalani oleh Jiang Zemin dan putranya. Pada akhir Maret tahun ini, seorang pengacara HAM ternama di Shanghai bernama Zheng Enchong dengan yakin mengungkapkan kepada media asing bahwa Jiang Zemin dan putranya sudah berada dalam pengendalian pihak yang berwenang.

Pertengahan Juni, seorang pimpinan senior dari Dinas Pengawalan Pejabat Tinggi Negara mengungkapkan bahwa Jiang Zemin sudah ‘diangkat’ dari kediamanannya pada 610 (10 Juni) sekitar pukul 4 dini hari. Para petugas garda itu melaksanakan tugas di bawah komando seorang kepada staf dari sebuah unit militer.

Setelah Jiang dibawa ke satu tempat bekas kantor Kodam, ia diserahkan kepada beberapa perwira militer, ada yang berbaju dinas dan preman. Jiang lalu dibawa dengan kendaraan menuju tempat yang belum diketahui. ‘Pengangkatan’ Jiang dari kediamanannya sesuai perintah dari Komisi Militer Pusat pada dini hari itu berjalan mulus.

Ada netizen yang memberitakan bahwa Jiang Zemin ‘dijebloskan’ ke sebuah rumah rahasia yang terletak di kawasan Huangpu River, Shanghai. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular