Erabaru.net. Apakah Anda bekerja dalam ruangan ber AC dan merasa beruntung karena tidak harus berurusan dengan panas di luar? Dewasa ini, karena efek dari polusi dan pemanasan global, musim panas cenderung sangat berat dengan panas yang tak tertahankan orang cenderung tingal di ruangan ber AC. Penelitian terbaru menemukan bahwa AC yang merupakan lambang kenyamanan dan kemewahan, di zaman modern mungkin tidak semua dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa AC dapat menciptakan perubahan suhu buatan, yang tidak sehat bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Jika Anda sering jatuh sakit, tanpa alasan yang jelas, dan Anda bekerja dalam ruangan AC yang berjam-jam, maka hal ini dapat menjadi salah satu alasan penyebab Anda sakit.

Berikut pengaruh buruk yang akan timbul AC bagi kesehatanAnda.

1. Sinusitis

Ahli berpendapat bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih dari 4 jam di lingkungan udara ber-AC sangat mungkin terjadi infeksi sinus, seperti udara dingin yang menyebabkan pengerasan kelenjar lendir.

2. Kelelahan secara konstan

Ketika AC diatur pada suhu yang sangat rendah, dapat menyebabkan mengigil bagian internal tubuh seseorang. Hal ini menjadi penyebab tubuh bekerja ekstra untuk menghasilkan lebih banyak panas, sehingga tubuh mengalami kelelahan secara konstan.

3. Infeksi virus

Bekerja atau menghabiskan banyak waktu di lingkungan AC, yang tidak memiliki sirkulasi udara segar, bisa menjadi penyebab penyebaran infeksi virus seperti flu, pilek,dari satu orang pada orang lain.

4. Mata kering

Salah satu penyebab utama mata kering dengan gejala seperti gatal-gatal dan iritasi mata adalah efek AC.

5. Kulit kering

Udara dingin buatan yang dihasilkan dari AC dapat membuat sel-sel kulit Anda mengering. Hal ini mengakibatkan kulit Anda menjadi kasar, kering dan pecah – pecah, jika Anda berada sepanjang hari dalam ruangan ber-AC .

6. Alergi

Kita sering lupa untuk membersihkan saluran AC yang mensirkulasi udara, sehingga banyak debu dan jamur berkumpul di dalamnya. Udara yang bersirkulasi melalui saluran yang tidak higienis ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda.

7. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan ber-AC memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, mereka cenderung sering jatuh sakit dan mengalami proses penyembuhan yang lebih lambat dari umumnya.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular