Erabaru.net. Tubuh manusia memiliki Yin dan Yang. Demikian juga ada makanan Yin dan Yang, dan makanan memiliki lima elemen yakni asam, pahit, manis, pedas, dan asin. Makanan mempengaruhi Yin dan yang tubuh beserta kelima elemennya. Dan pola makan yang baik adalah makan makanan yang mempunya unsur Yin dan Yang.

Makanan semestinya memenuhi kebutuhan Yin dan Yang tubuh beserta kelima elemennya. Metode pengaturan makanan agar tetap fit menekankan pada empat poin berikut: makanan yang tepat, makanan yang seimbang, menyeimbangkan Yin dan Yang, dan menyeimbangkan lima rasa.

Makanan yang sesuai

Huangdi Neijing (Kitab Klasik Kaisar Kuning) mengatakan, “Minum dan makanlah sewajarnya”. Itu artinya jumlah makanan harus sesuai. Jangan makan terlalu banyak, yang mengakibatkan kerusakan pencernaan; jangan makan terlalu sedikit, yang mengakibatkan kekurangan suplai energi.

Banyak orang moderen makan terlalu banyak, dan mereka hanya melakukan sedikit olahraga, sehingga mengakibatkan obesitas. Hal ini dapat menyebabkan sindrom metabolisme (obesitas abdominal, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan lemak darah tinggi).

Pola diet seimbang

Seseorang perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan. Ambilah gandum sebagai makanan utama, dengan daging, buah-buahan, dan sayur-sayuran sebagai asupan tambahan, dan mengonsumsi lima rasa makanan untuk membantu tubuh menghasilkan sari makanan dan Qi (energi). Seseorang perlu mengonsumsi berbagai macam jenis makanan berbeda tetapi jangan makan terlalu banyak; atau akan membahayakan tubuh.

Menyeimbangkan Yin dan Yang

Sifat alami tubuh dibagi menjadi Yin dan Yang, dingin dan panas, dan sifat alami makanan juga dibagi menjadi Yin dan Yang, dingin dan panas. Orang yang mempunyai sifat alami Yang (panas) perlu mengonsumsi lebih banyak makanan Yin (dingin) untuk menyeimbangkan Yin dan Yang. Jika mereka mengonsumsi terlalu banyak makanan Yang (panas), hal ini ibarat menambahkan bensin pada api, Yang menyebabkan gejala penyakit panas, seperti rasa haus, sariawan, dan panas dalam. Di sisi lain, orang dengan sifat alami Yin (dingin) perlu mengonsumsi lebih banyak makanan Yang (panas) untuk menyeimbangkan Yin dan Yang. Jika mereka mengonsumsi terlalu banyak makanan Yin (dingin), hal ini ibarat menambahkan es ke salju, yang akan menyebabkan gejala kedinginan seperti diare dan gangguan haid. Kita semestinya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Menyeimbangkan lima rasa

Ada lima rasa: asam, pahit, manis, pedas, dan asin. Lima rasa ini harus seimbang. Dengan memperhatikan keseimbangan lima rasa, kita dapat menjaga fungsi normal tulang, darah, dan organ tubuh.

Kesimpulan

Makanan diperlukan sebab menyediakan materi dan energi yang diperlukan. Tidak mengonsumsi makanan dengan baik dapat menyebabkan penyakit. Pengobatan moderen menekankan pada makanan moderat.

Berdasarkan pada lima elemen Yin dan Yang, pengobatan China mempunyai dua poin lagi: Makanan harus dibuat untuk menyeimbangkan Yin dan Yang dan kelima rasa. Ini adalah informasi berharga bagi orang moderen. Hal ini memungkinkan kita tidak hanya menikmati makanan tetapi juga menjadi sehat. (Dr. Wang Yuanfu/ Epochtimes/ Feb/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular