Oleh: Zhuang Zhengming

5 brigade Angkatan Darat yang berasal dari 5 wilayah Kodam akan bertemu di pangkalan militer Zhurihe, Mongolia Dalam untuk mengikuti latihan militer “Menerobos 2016” yang digelar Juli – September 2016.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, militer Tiongkok sering mengadakan latihan militer pada saat situasi politik memasuki taraf sensitif. Tak berbeda juga kali ini, “Menerobos 2016” di Zhurihe akan ‘mengawal’ pertemuan para petinggi Tiongkok di Beidaihe yang rencananya akan diadakan pada akhir bulan ini atau awal bulan depan.

Latihan militer besar-besaran kini juga sedang berlangsung di Tiongkok.

Menurut majalah Hongkong ‘Zhengming’ edisi Juni, Komisi Militer Pusat telah menegaskan bahwa latihan militer bernama “Seruan Jaman” yang melibatkan 3 Angkatan, termasuk pasukan artileri, logistik dari kelima Kodam di Tiongkok akan berlangsung selama 2 bulan penuh, mulai1 Mei hingga 30 Juli.

Militer Tiongkok selalu mengadakan latihan perang pada saat situasi politik memasuki taraf sensitif.

Pejabat andalan Jiang Zemin, Wakil Ketua Komisi Militer Tiongkok Xu Caihou ditangkap pada 30 Juni 2014 dan dikeluarkannya vonis pengadilan tinggi atas kasus kejahatan Zhou Yongkang pada 31 Juli, semua itu terjadi saat ada latihan militer.

Latihan militer Angkatan Darat “Menerobos 2015” juga di Zhurihe, Mongolia Dalam digelar dari Juni – September. Latihan militer Angkatan Laut digelar pada paro kedua Juli 2015 di perairan Laut Bohai dan bagian utara Laut Kuning.

2 orang dari fraksi Jiang Zemin yaitu Zhou Benshun dan Guo Boxiong resmi ditangkap pemerintah Tiongkok masing-masing pada 24 dan 30 Juli 2015. Dan pertemuan Beidaihe pun berlangsung pada periode itu.

Pertemuan Beidaihe sudah mau digelar lagi dan waktunya terus mendekat. Mantan Ketua Penerbit dari Akademi MIliter Tiongkok Xin Ziling mengatakan, “Pertemuan Beidaihe adalah sebuah pertempuran yang menentukan, Xi Jinping melalui pertemuan tersebut melengserkan beberapa orang penting. Membuat lega banyak orang itu bukannya tidak mungkin.”

Jadi, siapa lagi yang mau ditangkap sampai harus ‘diiring’ latihan militer? (sinatra/rmat)

Share

Video Popular