Oleh: Su Fei

Pada masa permulaan Bumi, medan magnet Bumi sangat jauh berbeda dengan medan magnet Bumi yang ada saat ini. Pada masa itu, Bumi punya lebih dari dua kutub medan magnet yang berada di berbagai tempat di seluruh bumi, tidak seperti sekarang ada dua kutub, kata ilmuwan Peter Driscoll dari carnegie Institution for Science di Washington.

Menurut Driscoll, pemadatan inti Bumi dimulai sejak 650 juta hingga menciptakan kondisi yang ada seperti saat ini yakni Bumi memiliki dua kutub medan magnet. Namun 1 miliar tahun lalu inti Bumi masih sangat cair, belum terlalu padat sehingga kutub medan magnet yang dihasilkan sangat berfluktuatif dan bergejolak dalam arah yang juga tidak menentu.

Selama proses pemadatan inti, banyak terjadi kutub medan magnet baru yang kekuatannya relatif lemah jika dibandingkan dengan kutub utara dan selatan, namun hal itu membuat Bumi memiliki lebih dari dua kutub medan magnet dan saling mempengaruhi. Segera setelah inti memadat, dua kutub utama yang kuat pun terbentuk hingga menjadi seperti yang ada sekarang.

Medan magnet bumi adalah pelindung kehidupan. Tanpa adanya kutub yang saling tarik-menarik, atmosfer bumi sudah akan hancur dan tersapu oleh kekuatan angin matahari. Walau memiliki efek yang begitu besar pada bumi, hanya ada begitu sedikit pengetahuan tentang medan magnet matahari. Penemuan terbaru telah menunjukkan bahwa medan magnet bumi ternyata selalu berubah dari waktu ke waktu selama milyaran tahun.

Menurut jurnal Geophysical Research Letters, dahulu kala planet kita memiliki sejumlah kutub yang berada di berbagai tempat di seluruh bumi. Dengan melihat pergerakan panas di berbagai tempat pada bumi jutaan tahun lalu, peneliti menduga tak mungkin saat itu bumi hanya memiliki dua kutub saja. Menurut mereka, dulu ada banyak kutub namun tidak terlalu kuat dan perlahan-lahan sejumlah kutub ini menjadi hanya dua kutub saja yang kekuatannya besar sehingga bisa mencipakan bidang magnetis.

Menurut mereka, dulu ada banyak kutub namun tidak terlalu kuat dan perlahan-lahan sejumlah kutub ini menjadi hanya dua kutub saja yang kekuatannya besar sehingga bisa menciptakan bidang magnetis.

Peter Driscoll(网络图片)Peter Driscoll : Ilustrasi perubahan medan magnet Bumi dari waktu ke waktu. (Internet)
Peter Driscoll(网络图片)Peter Driscoll : Ilustrasi perubahan medan magnet Bumi dari waktu ke waktu. (Internet)

“Jika penjelasan ini benar dan bisa diterima, maka akan ada banyak hal yang terpecahkan. Misal mengapa terjadi fluktuasi magnetis yang aneh pada catatan geologis sekitar 600 hingga 700 juta tahun yang lalu. Kita lihat saja kelanjutan dari studi ini apakah memang dahulu bumi memiliki lebih dari dua kutub,”  kata Driscoll. (Secretchina/joni/rmat)

Share

Video Popular