Sebuah kapal selam nuklir Inggris bertabrakan dengan kapal kargo ketika sedang melakukan pelatihan pada Rabu (20/7/2016). Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun kapal selam terpaksa ditambat di Gilbraltar untuk pemeriksaan. Kementerian Pertahanan Inggris sudah mulai menyelidiki alasan tabrakan.

Agence-France Presse dan Daily Mail memberitakan bahwa menurut laporan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris, hanya terdapat sedikit kerusakan pada bagian luar kapal selam, tetapi tidak mengganggu perangkat nuklir di dalamnya. Selain itu juga tidak ada korban terluka.

“Kami sedang mencoba untuk menghubungi penanggung jawab kapal kargo itu, indikasi awal menunjukkan bahwa tidak ada kerusakan pada kapal tersebut. Kami sudah melakukan penyelidikan,’ kata laporan itu.

Kapal selam nuklir Inggris bernama HMS Ambush bertabrakan dengan kapal kargo pada sore hari saat kapal tersebut melakukan latihan penyelaman. Akibat tabrakan itu, kapal terpaksa ditambatkan di Gilbraltar untuk diperiksa.

Data pada Kementerian Pertahan Inggris menunjukkan, kapal selam Ambush tersebut maksimal dapat membawa 38 buah torpedo jenis Spearfish dan peluru rudal jenis Tomahawk yang bisa digunakan untuk meledakkan dengan tepat sasaran seperti kapal yang berlayar dipermukaan laut atau kapal selam musuh, termasuk target yang berada di daratan. (Centrall News Agency/sinatra/rmat)

Share

Video Popular