Erabaru.net. Konon katanya buah markisa ini terkenal karena memiliki selaksa aroma harum, dimana aroma harum dari buah mangga, nanas, pisang, leci, lemon dan puluhan jenis buah lainnya akan tercium saat dibelah. Markisa mengandung 132 jenis aroma, tidak hanya aromanya yang menarik, tetapi juga memiliki nilai kesehatan yang sangat tinggi, dan khasiatnya dalam merawat kesehatan memang menakjubkan, sehingga dijuluki raja dari segala obat.

Markisa berasal dari daerah tropis Amerika Selatan, tepatnya di daerah Brasil, nama ilmiahnya adalah Passiflora edulis yang juga dikenal sebagai buah Brasil atau buah telur karena bentuknya seperti telur. Markisa mengandung 132 jenis aroma, 17 jenis asam amino, karotenoid dan vitamin serta kaya akan kalsium, fosfor, zat besi atau unsur lainnya, dan memiliki nilai kesehatan yang tinggi. Isinya bisa langsung disantap atau diolah menjadi jus markisa dengan campuran madu, yang akan menaklukkan selera Anda dengan aroma kentalnya yang harum semerbak.

Meski mungil, tapi markisa memiliki khasiat yang menakjubkan dalam merawat kesehatan

Markisa memiliki khasiat sebagai detoksifikasi , menurunkan panas (anti piretik), untuk perawatan kecantikan (kulit), menawar racun, penghilang nyeri (analgesic), merelaksasi pikiran, otot dan saraf, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, menghilangkan kerut pada wajah, membantu pencernaan dan khasiat lainnya.

Setiap satu buah markisa warna ungu mengandung fosfor 12 mg, zat besi 0.3 mg, kalsium 2 mg, potasium 63 mg, sodium 5 mg, vitamin A 130 IU, vitamin C 5 mg dan magnesium 5 mg.

Beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan berikut ini yang perlu Anda ketahui

1. Anti-inflamasi/anti radang

Dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang berbahaya dalam saluran pencernaan, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, melancarkan pencernaan, sangat efektif dalam mencegah colitis (peradangan usus besar yang menyebabkan gejala nyeri, meradang, diare dan perdarahan anus), gastroenteritis (radang lambung dan usus), wasir, periodontitis (peradangan gusi), akne vulgaris (jerawat), radang tenggorokan, dan mencegah timbulnya jerawat.

2. Meningkatkan sistem imun

Markisa kaya akan protein, tinggi serat dan berbagai asam amino yang dibutuhkan tubuh, juga kaya akan vitamin dan lebih dari 100 jenis zat yang yang bermanfaat bagi kesehatan, selain itu juga dapat meningkatkan sistem imun.

3. Membuang racun dari dalam tubuh dan sebagai kosmetika (merawat kecantikan wajah)

Fungsi markisa dalam mengeluarkan racun adalah memurnikan kotoran dari dalam tubuh, memperbaiki dan meningkatkan elastisitas kulit, serta menyerap kolesterol dan molekul organik sejenis asam empedu, menghambat penyerapan tubuh terhadap lemak, sehingga mencapai efek kecantikan.

4. Menurunkan tekanan darah

Serat makanan dan vitamin dalam markisa dapat menurunkan lemak darah, tekanan darah, adalah buah pilihan yang ideal bagi penderita tekanan darah tinggi.

5. Mengatasi insomnia

Markisa juga memiliki efek sebagai relaksasi otot dan menenangkan saraf atau pikiran, membuat relaks saraf, sehingga memungkinkan tubuh terbenam dalam kondisi tidur nyenyak. Selain itu juga dapat meredakan suasana hati yang tegang, menghilangkan sakit kepala, pusing dan rasa tidak nyaman secara fisik lainnya.

6. Mengurangi rasio terjadinya kanker

Kandungan seratnya dapat meresap ke dalam bagian yang paling halus di dalam lambung dan usus, mengeluarkan secara tuntas zat-zat berbahaya dari dalam tubuh melalui serapan gen aktifnya, meningkatkan struktur flora bakteri di dalam saluran usus, dan melindungi zat berbahaya yang tidak diserap oleh usus.

7. Menyegarkan atau membangkitkan semangat dan mengatasi gejala alkoholisme (mabuk minuman keras)

Memiliki khasiat menyadarkan kembali orang yang mabuk berat. Cobalah mengolah markisa ini menjadi jus dengan campuran pisang dan susu, dijamin mabuk berat karena minuman keras itu akan segera hilang dan sadar kembali.

Tips mencegah kerutan di wajah 

Belah buah markisa matang dan ambil bijinya. Kemudian bijinya dihaluskan, lalu tambahkan sedikit air dan aduk secara merata. Setelah itu, terapkan pada wajah sebagai masker alami, dan diamkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air, lalu terakhir usapkan es batu yang telah dibungkus dengan handuk, setelah itu gunakan handuk kering untuk mengusap wajah Anda. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular