Sudah saatnya singkirkan gelas alkohol Anda sekarang. Hasil penelitian terbaru di Selandia Batu menyebutkan, bahwa menenggak minuman keras tidak hanya akan menyebabkan kanker hati , tapi juga dapat meningkatkan risiko mengidap enam jenis kanker lainnya.

Minuman keras memicu tujuh jenis kanker secara langsung

Melansir laman newscientist.com, menurut peneliti dari Selandia Baru bahwa menonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker mulut, tenggorokan, laring, esofagus, hati, usus, dan payudara. Hasil ini didapatkan melalui analisis data yang berlangsung selama hampir 10 tahun dari World Cancer Research Fund, International Agency for Research on Cancer, lembaga kanker WHO dan American Institute for Cancer Research. Studi yang dipublikasikan pada jurnal Addiction pekan lalu juga menyebutkan bahwa sekitar 5,8 persen kematian kanker disebabkan karena alkohol.

“Ada bukti kuat alkohol bisa menyebabkan kanker di tujuh lokasi tubuh serta mungkin di tempat lain, “ kata Jennie Connor, salah satu peneliti yang juga profesor dari Preventive and Social Medicine at University of Otago, Selandia Baru.

Susannah Brown, manajer program sains dari World Cancer Research mengatakan : “Kami menemukan bahwa semakin besar menonsumsi alkohol, maka rasio terkena kanker juga semakin tinggi risikonya, kami yakin ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman keras secara langsung menyebabkan tujuh jenis kanker.”

Meskipun risiko tertinggi menimpa para penikmat atau pecandu minuman alkohol, namun, bagi mereka yang hanya sekadar mencicipi atau mengonsumsi alkohol dalam level sedang (moderat) juga bukan tanpa risiko. Menurut penelitian Connor, bagi kanker itu sendiri, tidak ada istilah batas aman terkait jumlah alkohol yang dikonsumsi.

Tapi, studinya juga membawa berita yang menggembirakan : ada beberapa bukti menyebutkan, bahwa untuk beberapa jenis kanker, risiko seseorang terkena kanker bisa menurun ketika orang tersebut berhenti minum alkohol.

Namun, hasil studi ini tidak disetujui oleh salah seorang dokter Sam Zakhari. Menurutnya studi ini kurang memiliki kredibilitas ilmiah. Zakhari berargumen laporan ini tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang memengaruhi kanker.

“Kanker adalah penyakit kompleks yang belum sepenuhnya dipahami dan butuh penelitian lanjut,” kata Zakhari.

Hasil survey dari Cancer Research UK juga menyebutkan, bahwa di antara lima orang, ada empat yang tahu mengonsumsi minuman keras dapat menyebabkan kanker hati, sementara itu, hanya satu diantara lima orang yang tahu bahwa minuman keras juga dapat menyebabkan kenker payudara.

Alan Boobis, profesor farmakologi dan biochemistry dari Imperial College London mengatakan kepada The Guardian, bahwa kesulitan terbesar adalah bagaimana agar bisa sepenuhnya membuat publik mengerti bahwasannya mengonsumsi minuman keras itu ada kaitannya dengan kanker, pungkas Alan Boobis.

Faktor biologis yang pasti terkait konsumsi alkohol sebagai pemicu kanker belum diketahui secara jelas. Salah satu teori menyebutkan, bahwa alkohol dapat merusak DNA, yang selanjutnya dapat memicu mutasi yang berbahaya. (Epochtimes/Jhn/Yant)

Share

Video Popular