JAKARTA – Sebanyak 177 rumah di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, mengalami kerusakan setelah dihantam puting beliung. Tepatnya kejadian pada Kamis (22/9/2016) sekitar pukul 02.00 WIB telah  di Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Laporan Pusdalops DKI Jakarta menyebutkan sekitar pukul 24.00 WIB terjadi Hujan dengan intensitas lebat di sekitar Pulau Tidung. Selanjutnya, pada pukul 01.50 WIB – 02.00 WIB hujan lebat disertai angin kencang dengan Wind Speed tercatat di Automatic Weather Sensor (AWS) Sekitar 37,10 Km/Jam sd. 49.89 Km/Jam

Angin puting beliung bertiup dari dari utara ke selatan pulau tidung hingga menyebabkan warga terdampak  sebanyak 177 KK/ 708 Jiwa. Namun demikian peristiwa ini tak menyebabkan terjadinya korban jiwa dan pengungsi.

Data dihimpun Pusdalops DKI Jakarta menyebutan, kerusakan rumah sebanyak 177 rumah dengan rincian 28 rumah rusak berat dan 149 rusak ringan. Peristiwa ini juga menyebabkan sebanyak dua unit tiang listrik dan dua Tiang Repeater/tower antena rubuh. Lainnya adalah 45  pohon tumbang dan satu unit rumah dinas guru rusak ringan.

Tim Pusdalops DKI Jakarta mengatakan aparat langsung bergerak sebagai rangk penanganan setelah pada pukul 09.00 Bupati Kepulauan Seribu bersama Tim dari Kantor Penanggulangan Bencana Kab. Kep. Seribu.

“Bupati dan tim Kantor Penanggulangan meninjau langsung lokasi dan melaksanakan asessment kerusakan dampak angin puting beliung,” jelas Pusdalops DKI Jakarta yang dirilis oleh BNPB, Kamis (22/9/2016).

Sebagai penanganan, langsung dibukan posko lapangan penanggulangan bencana angin puting beliung di Kantor Lurah Pulau Tidung dengan komandan lapangan Lurah Pulau Tidung dan koordinator Camat Kepulauan Seribu selatan.

Sedangkan penanganan darurat berdasarkan hasil asessment dipimpin oleh Kepala Pelaksana BPBD provinsi didampingi Kabid Kedaruratan dan logistik dengan membawa logistik pangan dan non pangan, menggunakan Kapal Dishubtrans dan Kapal Satpol PP. Jenis bantuan juga sudah disalurkan terdiri makanan, selimut,, terpal gulung, matras dan tikar. (asr)

 

Share

Video Popular