Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa makan kentang bisa meningkatkan risiko diabetes tipe-2, terutama bagi yang suka makan kentang goreng risikonya malah lebih serius. Seminggu makan lebih dari tujuh buah kentang, akan meningkatkan risiko diabetes sebesar 33%, jika dalam satu minggu hanya 2-4 buah kentang, risiko terkena diabetes akan meningkat sebesar 7%.

Berapa berat sebuah kentang? Sekitar 100 gr. Cara masak yang berbeda, kalorinya juga berbeda. Sebuah kentang panggang kalorinya sekitar 93 kcal, kentang rebus kalorinya juga hampir sama. Tetapi kalori kentang goreng meningkat tiga kali lipat.

Kentang memiliki nilai gizi yang tinggi, mengandung berbagai bahan protein, mineral, vitamin, dan lain-lain yang dikenal sebagai “apel tanah”, vitamin C-nya lebih besar 10 kali dari apel, vitamin B-nya 4 kali lebih besar dari apel, berbagai macam mineral bahkan beberapa kali atau puluhan kali lebih besar dari apel. Kulit kentang kaya akan asam klorogenat dan asam lipoic. Asam klorogenat memiliki efek antioksidan dan anti-kanker, asam lipoic dapat memudarkan bintik-bintik kulit dan dapat mencegah penuaan kulit. Juga dapat membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia tua yakni kekurangan serat antioksidan dan serat pangan.

Kentang kaya akan pati resisten, setelah makan akan terasa kenyang, tetapi jika cara masaknya dengan digoreng dan di atasnya disiram saus keju, kalorinya akan sangat meningkat drastis dan akan kehilangan nilai pati resisten, itu sebabnya yang terbaik adalah dimasak dengan cara direbus, dijadikan salad dan dipanggang. Selain itu, kentang sangat mudah menghisap minyak, kentang setelah digoreng selain tepung kentang aslinya, juga meningkatkan jumlah lemak, kalorinya lebih tinggi dibandingkan dengan cara masak yang lain. Selain itu, kentang setelah dimasak, tepung kentangnya lebih gampang dicerna dan akan cepat meningkatkan gula darah.

Penelitian dari Isao Muraki dari Harvard School of Public Health ini, diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care. Demi kesehatan, harus benar-benar tidak mengganggap kentang sebagai “sayuran”.

Sebenarnya, kadar pati sereal tidak lebih rendah dari kentang, makan banyak sereal akan menyebabkan beban terhadap fungsi pankreas, menyebabkan obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan masalah lain, risiko diabetes tipe 2 akan meningkat. Setiap hari makan kentang dalam jumlah yang tepat, harus mengutamakan keseimbangan pola makan dan pengendalian kalori, maka dampak dari kentang tidak begitu besar lagi.

Berikut ini ada resep hidangan kentang yang sehat:

Resep kentang masak daging

  1. Kentang, bawang bombay, wortel dan jahe di potong kecil.
  2. Taruh sesendok minyak ke dalam panci, masukkan daging ke dalam panci dengan api sedang, masak sampai kedua sisinya berubah warna.
  3. Gunakan sisa minyak di panci, tumis bawang bombay dan jahe.
  4. masukkan kentang dan wortel kemudian menumisnya.
  5. Tambahkan sedikit air dan bumbu, tutup dan masak selama 15 menit, matikan api biarkan selama sekitar 10 sampai 20 menit. (Epochtimes/Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular