Festival Zhong qiu (dibaca: cung jiu, di Indonesia juga dikenal sebagai Hari Raya Tiong Jiu atau Festival Kue Bulan), hari perayaan Tiongkok kuno ini secara berangsur digandrungi sebagian orang Barat. Semakin banyak saja orang Amerika yang terpesona dengan legenda mengharukan dari Festival itu dan tak ketinggalan juga mencicipi kue bulan yang rasanya manis dan lezat.

Di Hari Tiong Jiu 2016, Google pun mengubah mesin penelusurnya menjadi grafis mooncake festival, bintang-bintang bergemerlapan di langit malam yang maha luas, sementara Dewi Bulan Chang E dan sang Kelinci bermain di Bulan, sudah jelas Festival Tiong Jiu secara bertahap telah masuk ke dalam kehidupan orang Barat.

CNN melaporkan, hari Thanksgiving bisa ditelusuri hingga tahun 1607, namun beberapa ratus tahun Sebelum Masehi orang Tiongkok sudah memiliki kebiasaan merayakan panen dan beribadah ke Langit (sang Pencipta) dengan mempersembahkan kue bulan yang diadakan setiap malam bulan purnama pada awal musim gugur. Festival Kue Bulan resmi dirayakan sejak zaman Dinasti Tang (618-907).

Makanan yang paling terkenal pada Festival Kue Bulan tidak lain adalah kue bulan, jenis kue berbentuk bundar yang dirancang dengan cermat, di zaman sekarang bentuknya banyak bervariasi, menyatukan rasa manis, asin dan aromatis pendeknya ramai rasanya, kelezatan kue bulan telah menaklukkan selera kebanyakan orang Barat.

Kue bulan yang diimpor di berbagai tempat di dunia tahun ini mencapai seribu ton, sasaran konsumen kue bulan juga termasuk orang Barat.

Berbagai supermarket berantai besar di AS seperti Costco, Safeway, Starbucks, pada Festival Kue Bulan tahun ini pada menjual kue bulan dan dipajang di rak yang paling mencolok terutama untuk pelanggan orang Barat, kaum etnis Asia pada umumnya membeli di Asian Supermarket.

Koran Qiao Bao (Warta Perantau Tionghoa) AS melaporkan: 10 tahun yang lalu orang Amerika yang tahu Festival Kue Bulan tidak banyak, sekarang semakin banyak yang tahu. David adalah seorang insinyur dari sebuah perusahaan di Los Angeles, beberapa tahun lalu seorang rekan kerja etnis Tionghoa memberinya sekotak kue bulan, sejak saat itu ia juga menyukai kue bulan. Kini terdapat banyak sekali orang Amerika di Los Angeles yang membeli sekotak kue bulan disaat Hari Tiong Jiu, mereka tidak akan melepaskan kesempatan setahun sekali untuk menikmati semacam makanan kecil Tiongkok yang sa-ngat lezat dan menyisakan rasa manis yang bertahan sangat lama ini.

AFP melaporkan, Blinda dari AS mengatakan: Lima tahun yang lalu ia sudah tergila-gila akan kue bulan Tiong Jiu, setiap kali Festival tiba ia pasti membeli 1 – 2 kotak kue bulan untuk dinikmati sekeluarga. Selain bisa mengatakan berbagai jenis kue bulan, ia juga hafal kisah legenda dari Festival Kue Bulan.

Stephen Hawking ilmuwan fisika tersohor dari Inggris pada hari Festival Kue Bulan mengeluarkan sebuah artikel di microblogging dengan menggunakan bilingual Mandarin dan Inggris, ia bercerita mulai dari legenda Chang E hingga adat kebiasaan Tiong Jiu dari tradisi Tiongkok kuno. Selain itu ia juga menyatakan, “makan kue bulan” adalah mata rantai yang tidak bisa dikurangi. Hawking juga mendoakan semua orang bisa menikmati rembulan dengan orang-orang yang mereka cintai serta bisa berbagi kue bulan favorit masing-masing, “terutama rasa kue bulan ini, hal ini cukup penting.”

Jenis kue bulan sangat banyak, dibagi menurut tempat berasal, ada yang dari Hongkong, Taiwan, Asia Tenggara, Daratan Tiongkok ala Provinsi Jiang Su dan Guang Dong atau Beijing dan lain sebagainya; dari aspek rasa, ada manis juga ada asin. Kue bulan tradisional berbentuk bundar selain melambangkan reuni keluarga, juga ada yang berbentuk segi empat, segi delapan, segi tiga dan lain-lain.

Isi kue bulan lebih bervariasi lagi, ada gula batu, pasta kedelai, biji-bijian, pasta jujube, ham, kuning telur dan lain sebagainya. Selain itu ada juga variasi rasa baru seperti es krim, coklat, buah-buahan dan lain-lain. Namun, kue bulan pasta biji teratai kuning telur ala Provinsi Guangdong adalah yang paling populer. Perlu diketahui, kalori dari satu kue bulan pasta biji teratai kuning telor saja sudah 975 kalori! Kue bulan yang lezat sebaiknya dimakan beramai- ramai! Selain dapat bergembira bersama, juga demi mengurangi kalori. (Epochtimes/Lin/Yant)

Share

Video Popular