Sekilas foto-foto ini hanya terlihat seperti gambar pemandangan dari tebing kasar. Namun jika Anda melihat cukup dekat Anda mungkin dapat melihat dua kijang kecil cerdik tersamarkan diantara tebing dan semak-semak kecil di lingkungan mereka.

Dua Klipspringer, yang berdiri sekitar 60 cm tingginya, telah berbaur menyatu dengan warna tebing berbatu di Afrika Selatan, mereka hampir mustahil untuk terlihat.

Roan du Plessis, 26 tahun, menangkap gambar binatang menyerupai rusa kecil, ketika sedang membimbing safari di Ngala Private, wilayah konservasi, dekat Taman Nasional Kruger.

“Salah satu tamu saya benar-benar melihat mereka pertama kali dan berseru ‘Apa itu?’. Awal saya berpikir bahwa ia mungkin telah melihat macan tutul karena itu adalah apa yang kami sedang cari, tapi saya terkejut melihat pasangan ini karena saya belum melihat mereka dalam hampir setengah tahun,” kata pemandu safari yang berasal dari Johannesburg tersebut.

“Meskipun saya tidak pergi ke daerah yang secara khusus mencari Klipspringers, setelah kami melihat mereka, saya berencana menampilkan kamuflase luar biasa dari kijang kecil ini. Dan anehnya ini hanya dua Klipspringe yang pernah saya lihat di Ngala Private Game Reserve (14.700 hektar) dan sebagian besar waktu yang kami miliki menemukan mereka persis di tempat yang sama,” ungkapnya.

Gambar-gambar bidikan Roan ini adalah untuk menunjukkan kemampuan hewan-hewan ini untuk berbaur dengan baik ke dalam lingkungan alam mereka.

kijang afrika selatan
Jika Anda melihat lebih dekat Anda dapat melihat satu kijang cerdik tersamarkan oleh tebing dan semak-semak kecil di sekitarnya

Wajah tebing berbatu adalah habitat alami kijang, dengan manuver yang luar biasa pada singkapan berbatu. Nama klipspringe berasal dari kata Afrikaans untuk “pelompat batu”. Ini merupakan nama yang tepat untuk hewan yang sering hidup di wilayah berbatu dan dapat terlihat bergerak bebas, dan tampak berjinjit.

Mereka rata-rata memiliki berat badan antara 11 sampai 13 kg dan ditemukan di Afrika Selatan, Zoutpansberg dan pegunungan Lebombo dan kaki bukit. Leopard, serigala, dan Hyena tutul semua memangsa Klipspringer. (ran)

Share

Video Popular