Bayi yang terlahir dari seorang warga Zhengcheng Guangzhou, Tiongkok ini terlahir tanpa bola mata. Sebelumnya ibu bayi dan keluarganya tenggelam dalam suasana kegembiraan dengan kelahiran bayi berjenis kelamin laki-laki.

Namun ia menemukan mata sang bayi selalu dalam keadaan terpejam dan belum pernah membuka kelopak matanya. Melalui pemeriksaan dokter, baru diketahui bahwa ternyata sang bayi tidak memiliki bola mata. Hal ini seketika membuat shock keluarga.

Menurut situs yangtze.com bahwa wanita bermarga Liu senang sekali dengan kelahiran anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki pada Selasa (20/9/2016) lalu. Xiaoming ia memanggilnya sama seperti bayi lainnya sering mengayunkan tangan dan kakinya, menangis dengan suara yang keras, minum susu dan buang air besar kecil secara normal.

Namun keluarga akhirnya menemukan, mata sang bayi terus berada dalam kondisi terpejam, belum pernah sekali pun membuka kelopak matanya. Karena itu Xiaoming dibawa ke dokter spesial mata untuk mendapatkan pemeriksaan yang saksama. Terkejut saat dokter mengatakan bahwa sang bayi menderita kelainan bawaan berupa tidak berbola mata.

Menurut dunia kedokteran bahwa kemungkinan bayi menderita kelainan semacam ini adalah 1/100.000. Dokter selama 30 tahun praktiknya baru sekali menemui kasus demikian.

Data statistik menunjukkan bahwa bayi lahir tanpa bola mata merupakan penyakit genetik yang sangat langka, jadi kemungkinannya sangat rendah. Tetapi terhadap bayi yang sejak dalam kandungan sudah tidak ada jaringan mata, memang menjadi kesulitan baik bagi dokter maupun peralatan B-USG untuk mendeteksinya sejak awal.

Bibi dari Xiaoming juga mengatakan, dokter selama 10 bulan pemeriksaan rutin kandungan juga tidak menemukan hasil yang abnormal.

Saat ini keluarga membawa Xiaoming ke rumah sakit tripel A di Guangzhou untuk melakukan pemeriksaan fisik secara komprehensif, mencoba untuk mengetahui apakah terdapat gangguan lain di luar mata Xiaoming.

Ibu Xiaoming menegaskan bahwa sekalipun ia harus bersusah payah dalam mengurusi anaknya ini, ia tidak akan menyerah.

“Ia sudah lahir tanpa mata, bagaimana saya tega untuk membiarkan ia hidup tanpa kasih sayang”, katanya. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular