Ditemukan Berada di Kutub, Serangga Ini Dikenal Binatang yang Tak Bisa Mati Membeku, Bagaimana Dia Menerobos Bongkahan Es?

Serangga kutub tidak hanya tahan beku bahkan tahan lapar. Ilmuwan pernah memasukkan beberapa ekor serangga kutub ke lemari es untuk diteliti.

Dua tahun berlalu sudah, serangga kutub yang tidak makan dan minum tetap hidup dengan gigih di dalam lemari es.

Namun, serangga kutub juga bisa mengalami kefatalan yaitu tidak tahan panas. Kemampuan serangga menahan suhu tinggi sangat lemah, jika suhu lebih tinggi 4 C, maka selaput sel serangga akan larut, dan enzim di dalam sel juga akan berubah menjadi setumpuk zat perekat.

Misteri melewati es

Kutub es di Greenland. (Foto : Joe Raedle/Getty Images)

Diantara sejumlah besar misteri disekeliling serangga kutub yang sulit dijelaskan, yang paling fantastis adalah serangga kutub dapat melewati dengan leluasa di tengah bongkahan es yang padat.

Siapapun tidak ada yang tahu bagaimana cara mereka memecahkan es dan keluar dari sana.

Ada ilmuwan yang menduga, mungkin serangga kutub ke luar ke permukaan dengan cara melubangi celah es, ada juga yang menduga bahwa mungkin serangga kutub memiliki teknik memecahkan es. Juga ada yang menduga, mungkin di dalam tubuh serangga kutub mengandung zat untuk mencairkan es.

Setiap kali mereka berjalan melewati es, sel dalam tubuh mengeluarkan energi, mencairkan bongkahan es disekelilingnya, sehinga membentuk sebuah jalan. Baca Selengkapnya