4. Makanan yang digoreng

Terutama ayam goreng, kentang goreng dan keripik kentang, kalori yang berlebihan akan diubah menjadi lemak berlebih dalam tubuh anak-anak, sehingga memicu gangguan endokrin, dan menyebabkan pubertas prekoks.

Selain itu, minyak makan yang sering digunakan secara berulang, menyebabkan perubahan pada sifat oksidasinya dibawah suhu tinggi, ini juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pubertas dini pada anak-anak.

Anak-anak yang mengonsumsi makanan cepat saji lebih dari dua kali seminggu, dan sering konsumsi makanan yang digoreng, maka kemungkinan pubertas dininya akan meningkat 2.5 kali dari anak-anak normal lainnya.

5. Larutan oral tertentu untuk anak-anak.

Larutan oral dan suplemen yang banyak diiklankan untuk “meningkatkan pertumbuhan atau nafsu makan anak-anak yang dipajang berjejer di supermarket, sebagian besar mengandung hormone terkait.

Hormon-hormon ini menyebabkan anak-anak tumbuh tinggi dan besar dibanding anak seusianya, dan usia tulangnya mungkin telah mencapai 8 atau 10 tahun.

Namun, pertumbuhannya berhenti setelah anak bersangkutan memasuki tahap pertumbuhan normal.

Selain itu juga ada beberapa produk perawatan kesehatan, bubuk protein, obat-obatan suplemen atau produk perawatan kesehatan lainnya, tidak tertutup kemungkinan juga dapat menyebabkan pubertas prekoks.

Share

Video Popular