Foto “Telepon Video” Pertama yang Diciptakan oleh Seorang Fisikawan Philipina yang Beredar tahun 1950an Viral di Internet

Perusahaan ini merilis telepon video pada tahun 1964 di New York World’s Fair. Namun, publik memandang picturephone AT & T sama dengan penemuan Zara, mengklaim itu terlalu tidak praktis dan mahal.

Foto telepon video Zara menjadi viral di media sosial, dan beberapa netizen menganggap foto itu palsu dan dimanipulasi.

Namun, foto-foto itu dilacak ke halaman Facebook Akademi Sains dan Teknologi Nasional Philipina (NAST), di mana mereka memasang foto Zara dengan sebuah caption:

“Sebelum ada Skype dan Facetime, seorang ilmuwan Philipina menemukan sebuah telepon televisi. Aha!

“Ilmuwan Nasional Gregorio Y. Zara, seorang fisikawan, menemukan sebuah alat yang memungkinkan dua orang saling bertemu di televisi saat berbicara di telepon pada awal tahun 1954.”

Rupanya, insinyur aeronautika memiliki 30 penemuan paten lainnya untuk namanya.

Dia menemukan kompas induksi Bumi, yang merupakan instrumen yang masih digunakan oleh pilot bahkan sampai hari ini, dan sebuah mesin pesawat yang didukung oleh alkohol.

Apalagi dia adalah bagian dari tim yang mengembangkan robot bernama Marex X-10 yang mampu berjalan, berbicara, dan merespons perintah.

Dia juga mengembangkan baterai bertenaga surya, pemanas air tenaga surya, dan kompor, hanya beberapa dari 30 perangkat dan peralatan yang dipatenkan dengan namanya.

Pada tahun 1978, Zara meninggal karena gagal jantung pada usia 76 tahun. Dia meninggalkan istrinya yang cantik Engracia Laconico, mantan Miss Philipina, dan keempat anaknya.(hui/yant)

Sumber: viral4real.com