Erabaru.net. Rekaman video yang luar biasa telah menunjukkan seekor paus bungkuk raksasa yang melindungi seorang penyelam dari serangan hiu pemangsa di sekitar Laut Pasifik.

Ahli biologi kelautan Nan Hauser diangkat oleh kepala paus seberat 22 ton hingga benar-benar keluar dari air untuk menghindarkannya dari serangan hiu macan sepanjang 4.5 meter.

Paus itu kemudian berusaha melindungi Nan di bawah sirip dadanya dan mendorongnya selama di air ke tempat yang aman sementara seekor paus lain mengjalangi hiu tersebut dengan ekornya.

Nan, 63 tahun, yakin bahwa potongan adegan dalam video tersebut adalah bukti naluri ikan paus dalam melindungi spesies lain, termasuk manusia.

GAMBAR Paus bungkuk seberat 22 ton melindungi Nan Hauser dari serangan seekor hiu. (cater: Caters)

Nan, penduduk asli Cook Island ini berkata: “Saya tidak yakin apa yang hendak dilakukan paus itu saat ia mendekati saya, dan paus itu tidak berhenti mendorong saya berputar selama lebih dari 10 menit. Saat itu rasanya berjam-jam.

“ Saya sedikit tergores. Saya telah menghabiskan 28 tahun di bawah air bersama paus, dan tidak pernah ada paus yang begitu suka bersentuhan dan sangat bersikeras untuk membuat saya berada di atas kepalanya, atau di perut atau di punggungnya, atau yang terpenting, mencoba menyelipkan saya di bawah sirip dadanya yang besar.

“Saya mencoba melarikan diri darinya karena takut jika ia menabrak saya terlalu keras, atau memukul saya dengan sirip atau ekornya.

“Hal itu akan menghancurkan tulang-tulang dan meremukkan organ tubuh saya. Jika ia menahan saya di bawah sirip dadanya, mungkin saya akan tenggelam.”

Si mungil dan si raksasa: Paus bungkuk mendorong Nan Hauser berputar di air (Foto: Caters)

Nan menambahkan: ‘saya tidak ingin panik, karena tahu ia akan mengusik ketakutan saya. Saya berusaha tenang tapi saat itu saya yakin kemungkinan besar ini akan menjadi pertemuan yang mematikan.

“Saya bisa merasakan perasaan yang begitu dekat dengan hewan-hewan itu, jadi terlepas dari keraguan saya, saya mencoba untuk tetap tenang dan mencari cara untuk menjauh darinya.”

Paus telah diketahui menyelamatkan anjing laut dari paus pembunuhnya sebelumnya tapi Nan Hauser diyakini sebagai manusia pertama yang dilindungi. (Foto: Caters)

‘Saya tak pernah melepaskan pandangan darinya karena itulah saya tidak melihat ada hiu di situ.”

Para nelayan setempat menggambarkan hiu macan itu sama besarnya dengan ‘truk pickup’.

Setelah berhasil kembali dengan aman di kapal timnya dari Pantai Muri, Kepulauan Cook, Nan takjub saat melihat paus itu muncul di permukaan untuk memastikan ia selamat.

Ahli biologi ini berharap rekaman tersebut akan memicu lebih banyak penelitian dan kesadaran terhadap kepribadian paus karena inilah pertama kalinya mereka terekam dalam film, melindungi manusia.

Paus bungkuk telah diketahui menyelamatkan anjing laut dari paus pembunuh dengan menyembunyikannya di bawah sirip mereka.

Nan mengatakan: “Paus itu benar-benar menunjukkan altruisme (perhatian terhadap kesejahteraan orang/spesies lain) – walau terkadang beresiko kehilangan nyawa mereka sendiri.”(iin/yant)

https://www.youtube.com/watch?v=G-7RVAXFN_k

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda!

Share

Video Popular